#KabarHaji

Kiswah Baru Ka'bah Akan Dipasang Bersamaan dengan Wukuf

gomuslim.co.id- Pemerintah Saudi sudah menyiapkan Kiswah (kain penutup) Ka’bah baru. Gubernur Makkah Pangeran Khalid al-Faisal mewakili untuk menyerahkan kepada penjaga Ka’bah Saleh bin Zain al-Abidin as-Syaibi. Kain baru itu akan dipasang pada 9 Dzulhijah bertepatan dengan Senin (20/08/2018) saat seluruh jemaah haji melaksanakan wukuf di Arafah.

Kiswah merupakan kain hitam yang dihiasi dengan jahitan benang emas dan perak. Tingginya mencapai 14 meter dan lebarnya 95 sentimeter dan panjang 47 meter. Kain ini juga melapisi penutup pintu Ka’bah.

Sebelumnya, kiswah diganti dengan yang baru pada Sya’ban, sebelum miliaran Muslim di dunia memasuki Ramadhan. Ramadhan dan Dzhulhijah adalah dua bulan yang menjadi puncak kedatangan Muslim dunia ke al-Haram. Pada Ramadhan mereka menggiatkan umroh. Sedangkan pada Dzulhijah mereka melaksanakan rukun Islam kelima yaitu haji.

Dari berbagai belahan dunia, umat Muslim memadati area al-Haram. Mereka berdatangan dari tiga arah, yaitu Terminal Syib Amir yang mengantarkan jemaah haji dari Syisyah dan Raudhah, Bab Ali dari Mahbas Jin dan Aziziyah, dan Ajyad dari Misfalah, dan Rei Bakhsy.

Jemaah memadati area al-Haram pada sore menjelang mentari terbenam, yang seketika berubah menjadi lautan manusia. Jemaah memadati setiap ruangan, lantai dasar, lantai dua, dan bagian atap. Sedangkan, salah satu yang terpada adalah tempat tawaf (mathaf). Di sana jemaah membentuk barisan melingkar mengitari Ka’bah untuk melaksanakan sholat berjamaah Maghrib dan Isya. (nat/dbs/foto:spa.gov.sa)

 


Back to Top