Sambut Idul Adha, Global Qurban ACT dan Pemprov DKI Jakarta Hadirkan Dapur Qurban

gomuslim.co.id- Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menebarkan kebahagiaan kurban. Program bersama bertajuk Dapur Qurban Jakarta “Semua Bahagia Menikmatinya” diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan di Jakarta.

Acara peresmian kolaborasi ini ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Global Qurban - ACT dan Pemprov DKI Jakarta ini berlangsung di Balaikota DKI Jakarta, Senin (13/08/2018).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berharap kerja sama yang kedua kalinya ini menjadi penguat ikhtiar dalam menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta. “Saya berterima kasih pada teman-teman ACT yang sudah menyiapkan Dapur Qurban. Ini menjadi satu wahana terobosan yang mudah-mudahan tahun-tahun ke depan bisa kita gaungkan lebih besar lagi,” ujarnya.

Program yang diinisiasi oleh Global Qurban - ACT ini akan berlangsung selama Iduladha dan hari tasyrik, yakni 23-25 Agustus 2018. Dapur Qurban menargetkan untuk mengolah 1.000 ekor sapi menjadi hidangan daging siap santap. Program ini dapat menjadi momen untuk menebarkan kebaikan kepada sesama di hari raya.

Dapur Qurban Jakarta merupakan program turunan dari Global Qurban yang sudah berlangsung selama 8 tahun. Tahun ini merupakan tahun pertama diselenggarakannya Dapur Qurban Jakarta. Ke depannya Global Qurban dan Pemprov DKI akan terus mensosialisasikan kepada seluruh warga Jakarta dan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terlibat aktif dalam program ini dengan membeli hewan kurban di Global Qurban.

Saat ini, satu ekor kambing dibandrol dengan harga Rp 1,7jt, dan untuk satu ekor sapi seharga Rp 11,9jt. Terkait info dan penawaran Global Qurban lainnya, ACT menyediakan booth-booth hampir di seluruh kantor pemerintahan tingkat provinsi dan kotamadya. Hal itu dilakukan dalam rangka mepermudah warga dan ASN untuk memperoleh informasi mengenai Global Qurban. Masyarakat juga bisa langsung mengunjungi situs resminya di GlobalQurban.com.

Kolaborasi ini bukan kali pertama, sebelumnya Aksi Cepat Tanggap dan Pemprov DKI Jakarta melangsungkan program Buka Bersama Jakarta Bahagia (BBJB) yang berlangsung selama bulan  Ramadhan 1439 H. Program tersebut dirasakan langsung oleh masyarakat, respon yang positif dan upaya yang optimal berhasil membuahkan kebahagiaan bagi 141.360 penerima manfaat. Kini, Dapur Qurban Jakarta “Semua Bahagia Menikmatinya” hadir menjadi salah satu inisiatif besar demi kemaslahatan rakyat di hari Raya Iduladha.

Berangkat dari momen Ramadan bertajuk Buka Bersama, Jakarta Bahagia, Semua Kebagian Berkahnya (BBJB-SKB),  kebahagiaan serupa kembali dihadirkan di Dapur Qurban Jakarta. Dapur Qurban siap mendistribusikan olahan daging kurban dalam bentuk hidangan lezat untuk warga.

Presiden Global Qurban Rini Maryani menyampaikan, Dapur Qurban menargetkan untuk menyajikan panganan khas kurban ke sekitar 121 RW di seluruh wilayah di DKI Jakarta. Selama tiga hari masa pelaksanaan Dapur Qurban Jakarta, setidaknya 300 ekor sapi akan disiapkan.

“Sapi-sapi tersebut didatangkan dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, menggunakan kapal ternak yang diimplementasikan dalam program Kapal Qurban. Sehingga, penerima manfaat atas program ini bukan hanya warga Jakarta saja, para peternak lokal di Nusa Tenggara Barat pun menerima manfaatnya,” terang Rini.

Seluruh sapi yang datang akan dicek kondisi kesehatanya, langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian. Sekitar 400 ekor sapi yang saat ini sudah tersedia, 100 ekor sapi di antaranya akan dialokasikan untuk korban bencana alam gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, 300 ekor sapi lainnya akan dibawa menuju Jakarta menggunakan Kapal Qurban. Ahad (19/8)  Kapal Qurban diperkirakan akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dapur Qurban Jakarta akan hadir di 43 titik di seluruh wilayah ibu kota. Selain pendistribusian hidangan daging gurih yang siap santap, pada 23 Agustus 2018 mendatang akan ada program makan bersama di Dapur Qurban Jakarta bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sekitar 2.000 paket daging gurih akan dihidangkan dan disantap bersama. Gubernur DKI Jakarta dan jajarannya, beserta seluruh warga akan duduk di satu tempat yang sama, menikmati hidangan yang sama tanpa pembeda. Sama-sama daging yang gurih, sama-sama daging yang nikmat.

“Kita akan pastikan ya hasil olahan Dapur Qurban Jakarta ‘Semua Bahagia Menikmatinya didistribusikan untuk 121 RW dengan 43 titik penyebaran. Kita sama-sama berharap, program ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan, antara Global Qurban dengan Pemprov DKI Jakarta,” ujar Rini. (njs/act)


Back to Top