Ajak Masyarakat Peduli Lombok, Dompet Dhuafa Gelar Konser Suara Kemanusiaan

gomuslim.co.id- Dompet Dhuafa menggelar konser musik bertajuk Sound of Humanity di Pejaten Village, Jakarta Selatan, Selasa (14/8/2018). Konser amal yang bertujuan untuk membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara  Barat (NTB) ini menghadirkan sebanyak tujuh musisi Tanah Air.

Menurut Event Managert Dompet Dhuafa, Refia Ardhiana, Sound Of Humanity menjadi kegiatan bersama para relawan dan musisi untuk mengajak masyarakat peduli kepada korban gempa di Lombok. “Korban bencana Lombok tidak hanya rugi harta benda. Tetapi juga psikologi mereka terganggu. Tidak sedikit dari mereka kehilangan orang yang dicintai saat musibah itu terjadi,” ujarnya.

Ia menambahkan, seluruh musisi yang ikut serta di acara itu tampil secara sukarela. Selain Pusakata, Aleehya, Danajazzy, Edo Martin, Lins Roberthius Ustadz Jamming, dan Lady on Ukulele, yang tampil di atas panggung, penyanyi Dik Doank juga memberikan sharing session kepada pengunjung yang datang.

Refia berharap dengan adanya acara musik ini, masyarakat semakin terdorong untuk peduli terharap korban gempa di Lombok. “Butuh waktu panjang untuk memulihkan Lombok seperti sedia kala. Namun kita wajib memberi semangat kepada mereka untuk bangun dari keterpurukan. Kita bantu sebanyak-banyaknya. Musisi juga berdonasi, ada yang lelang lagu, mendonasikan atributnya,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Dompet Dhuafa Imam Rulyawan mengatakan, konser ini merupakan media untuk sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk langsung membantu korban gempa di Lombok. “Insya Allah akan kami adakan juga d beberapa titik. Di Purwekerto juga sudah kita lakukan bersama cabang Dompet Dhuafa. Di beberapa daerah juga akan kita rencanakan Sound of Humanity,” kata dia.

Dompet Dhuafa sendiri telah menyalurkan sekitar Rp 500 juta untuk membantu korban gempa di Lombok. Namun, bantuan masih banyak diperlukan. Selain kebutuhan dasar, lanjut dia, juga diperlukan bantuan terkait recovery fisik dan juga mental. Pihaknya juga telah memberikan program trauma healing dan Rumah Ceria Dompet Dhuafa, khususnya untuk anak-anak dan lansia.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga senin (13/8) tercatat 437 orang meninggal dunia akibat gempa bumi. Sementara itu, sekitar 352.793 orang menungsi. Sedangkan 52.812 unit rumah rusak, 458 sarana pendidikan terdampak, serta 197 fasilitas umum dan rumah ibadah rusak. (njs/dd/rep)


Back to Top