#KabarHaji

Gandeng Arab News, Facebook Akan Tayangkan Liputan Haji 2018

gomuslim.co.id- Sebuah upaya tengah dilakukan Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi agar Arab News dan Facebook bekerjasama dalam meliput ibadah haji tahun ini. Kolaborasi ini akan menayangkan kegiatan haji hampir dua juta orang yang berkumpul di Makkah.

Surat kabar dan jaringan media sosial ini akan bekerja sama dalam transmisi siaran langsung menggunakan teknologi video 360 derajat. Teknologi tersebut akan memungkinkan jutaan orang di seluruh dunia mengikuti pelaksanaan haji melalui halaman Facebook resmi Arab News.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Haji dan Umroh, Muhammad Saleh Benten memberi penjelasan singkat tentang persiapan Arab News untuk meliput ibadah haji pada Selasa (14/08/2018). Ia juga bertemu dengan anggota tim peliputan dan mendukung kolaborasi ini.

Dikatakan Benten, kementerian dengan senang hati mendukung kerja sama Arab News-Facebook karena memungkinkan berita tentang haji menjangkau khalayak yang lebih luas. Menurutnya, ini berita yang baik.

“Orang-orang di seluruh dunia akan dapat melihat bagaimana pelaksanaan haji yang sedang berlangsung. Sekaligus melihat berbagai layanan yang diberikan oleh pemerintah Saudi di bawah kepemimpinan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman,” tuturnya.

Dia juga menyebut dukungan ini merupakan bentuk sikap positif terhadap pentingnya pemanfaatan teknologi baru.

“Ini memungkinkan kami untuk menunjukkan kepada dunia upaya yang diberkati dalam melayani jemaah," kata Benten.

Pemimpin Redaksi Arab News, Faisal J Abbas mengatakan liputan akan fokus terutama pada aspek kemanusiaan haji. Juga memuat kisah-kisah menyentuh dari ratusan jemaah beragam kebangsaan yang datang dari seluruh dunia.

"Kerja sama kami dengan Facebook akan memastikan kami dapat menyiarkan kisah-kisah ini ke penonton yang sebelumnya tak terjangkau berkat teknologi baru," tandasnya.

Di pihak lain, Kepala kemitraan media regional di Facebook, Fares Akkad mengatakan kolaborasi ini melanjutkan keberhasilan siaran langsung sholat Tarawih di halaman Facebook Berita Arab selama Ramadhan. Menurutnya, tayangan tersebut sangat populer.

"Haji adalah acara yang unik, dan kami sadar akan pentingnya bagi jutaan orang di seluruh dunia untuk melihatnya," kata dia.

Karena itu, Facebook senang dengan kolaborasi ini. Menurutnya, upaya tersebut merupakan bagian dari komitmen mereka untuk komunikasi regional, khususnya di Arab Saudi.

Dan mulai hari ini, Arab News menerbitkan serangkaian laporan khusus dari Kerajaan Saudi dan di seluruh dunia tentang ritual haji. Arab News juga menawarkan liputan 24 jam melalui platform digital dan situs web yang berfokus pada Pakistan. (nat/republika/dbs/foto:okezone)

 


Back to Top