#KabarHaji

Lewati 12 Negara, Begini Kisah Satu Keluarga Asal Indonesia yang Naik Haji dengan Bersepeda

gomuslim.co.id-  Satu keluarga yang terdiri dari lima orang Muslim Indonesia telah memulai perjalanan bersepeda panjang sejauh 13.000 km ke Mekah untuk melakukan haji.

"Mereka akan mengambil penerbangan jika diperlukan," kata Mohd Damahuri Mutalib (65), seorang teman keluarga tersebut, seperti dikutip dari The Sun Daily, Kamis, (16/08/2018). 

Keluarga tersebut adalah Muchlis Abdullah (47) yang membawa istrinya, Julianti Husin (47), dan anak-anak mereka; Mirza Hakim Muchlis (15), Ahmad Zaki Hafiz (11), dan Olivia Yumna (6).

Keluarga ini memulai perjalanan mereka sejak satu setengah bulan yang lalu dari kota Yogyakarta. Pada 30 Juli 2018, mereka sudah tiba di  Penang, Malaysia, setelah bersepeda 3.000 km. Selanjutnya, keluarga ini masih memiliki 10.000 km untuk bersepeda sebelum mereka mencapai tujuan mereka yang akan membawa mereka melalui 12 negara.

Adapun, mereka tiba di Malaysia melalui Melaka dengan layanan feri 30 Juli lalu dan kemudian melanjutkan tujuan mereka berikutnya, yaitu ke Gurun, Kedah, sebelum melanjutkan ke Thailand dan negara-negara lain seperti Myanmar, India, Pakistan, Afghanistan, Iran, Uni Emirat Arab (UEA) dan kemudian tiba di Arab Saudi.

Menurut sang suami, ide melakukan umrah dan haji sepeda datang kepadanya setelah bermimpi. Mutalib, teman ayahnya, membimbing mereka di Penang melalui wilayah utara.  Setelah mencapai Thailand, keluarga ini akan memasuki Burma sebelum melanjutkan ke Bangladesh, India, Pakistan, dan Iran, kata Damahuri.

"Saya berharap kami bisa tiba di Jeddah dalam lima sampai tujuh bulan mendatang.  Artinya antara Januari dan Maret tahun depan," katanya kepada Bernama, Kamis, (16/08/2018).

Sebelumnya, pada 2017, Muslim Indonesia lainnya berjalan lebih dari 9.000 kilometer untuk melakukan haji. Pada tahun 2012, Muslim Bosnia berusia 47 tahun, Senad Hadzic, mencapai kota suci Mekkah dengan berjalan kaki untuk melakukan haji. Selama perjalanannya, pria Muslim berjalan hampir 3.600 mil (5.900 km) dari desa Bosnia ke kota suci Mekkah. (fau/sun/bernama/dbs/foto: mysalaam)


Back to Top