Alquran Kuno Jadi Pusat Perhatian di Pekan Kebudayaan Aceh

gomuslim.co.id- Pengunjung berdecak kagum melihat Alquran kuno. Alquran hasil tulis tangan ini menjadi perhatian setiap pengunjung yang datang ke Anjungan Aceh Timur, di Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 tahun 2018, Kompleks Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Kamis (09/08/2018).

“Alquran tulis tangan seperti ini sudah sangat langka, bahkan kami sudah beberapa hari di sini melihat barang-barang antik di berbagai anjungan belum pernah kami temukan Alquran tulis tangan seperti ini. Unik sekali dan sangat luar biasa,” ujar Tgk Abdullah, salah seorang pengunjung asal Bireuen saat berkunjung ke Anjungan Aceh Timur.

Sementara itu, Plt Sekda Aceh Timur Drs Zahri melalui Kabag Isra Mujiburrahman, menjelaskan, Alquran tersebut dulunya disimpan di rumah seorang warga di Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur.

“Alquran 30 juz ini kabarnya disalin salah seorang ulama besar di Aceh pada masa kesulthanan Aceh tempo dulu yakni abad ke-16,” tandasnya.

Uniknya, diperkirakan tulisan atau ukirannya bermotif pintu Aceh ditulis tahun 1600 Masehi. Hampir semua pengunjung melihat dan menanyakan informasi seputaran Alquran tulis tangan yang dipamerkan.

“Sangat luar biasa keingintahuan masyarakat terhadap Quran kuno ini,” ujar Mujiburrahman.

Memasuki hari ke-7 pelaksanaan PKA di Banda Aceh, jelas Mujiburrahman, Anjungan Aceh Timur masih terus dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah. Anjungan Aceh Timur tampak sangat menarik dengan kombinasi warna cat dinding bangunan anjungan.

Sehingga tidak sedikit para pengunjung melakukan swafoto di depan Anjungan Aceh Timur tersebut, baik siang maupun pada malam hari.

“Warna anjungannya cerah dan menarik serta tidak membosankan,” kata Amri, salah satu pengunjung yang lain. (nat/serambinews/dbs/foto:waspadaaceh)


Back to Top