Lombok Kembali Diterjang Gempa 7,0 SR, Bukit di Gunung Rinjani Longsor Hingga Masjid Rusak

gomuslim.co.id- Guncangan gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter (SR) kembali mengguncang Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), pukul 21.56 WIB, Minggu (19/8/2018).
 
Gempa susulan ini mengakibatkan masjid rusak hingga longsor di kaki Gunung Rinjani. Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan pusat gempa berada pada 32 km sebelah timur laut Lombok Timur, di kedalaman 10 km.
 
Koordinat gempa berada di 8.24 Lintang Selatan dan 116.66 Bujur Timur. Beberapa menit sebelumnya, tepatnya pukul 11.06 WIB, gempa berkekuatan 5,4 SR juga mengguncang Lombok. Pusat gempa berada di 25 km sebelah timur laut Lombok Timur.
 
Akibat gempa itu bukit di kaki Gunung Rinjani mengalami longsor. Lokasi longsor berada di Bukit Pegangsingan dan Bukit Anak Dara Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Satu warga yang berada di lokasi dilaporkan mengalami syok karena kaget melihat peristiwa tersebut. 
 
"Hasil pengecekan petugas kami di Puskesmas nggak ada laporan mengenai korban hanya ada satu orang karena shock," tutur Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono.
 
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan longsor itu mengakibatkan sejumlah material gunung berjatuhan. Peristiwa itu juga menimbulkan debu di lereng Gunung Rinjani.
 
"Material batu-batu dari bagian atas gunung longsor menuruni lereng sehingga menimbulkan debu di lereng Gunung Rinjani," sambung Sutopo.
 
Sementara itu, pasien di RSUP NTB juga berhamburan akibat gempa itu. Para pasien itu panik dan ada pasien rawat inap yang dipindah ke luar gedung. Keluarga dan pasien masih tampak waspada akan adanya gempa susulan.
 
Bahkan, goncangan gempa terasa hingga Pulau Sumbawa dan Bali. Dua masjid di Pulau Sumbawa mengalami rusak di bagian atap dan temboknya retak-retak. 
 
Gempa itu mengakibatkan masjid di Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat rusak bagian atasnya dan satu masjid lainnya di Kecamatan Seteluk, mengalami retak-retak pada dindingnya.
 
Kalak BPBD Sumbawa Barat, Lalu M Azhar mengatakan beruntung saat kejadian tidak ada seorang pun jemaah di dalam masjid. 
 
"Ada satu masjid yang rusak akibat gempa tadi atapnya ambruk. Satu lagi hanya dindingnya yang sudah retak-terak," tutur M Azhar.
 
Tak hanya Pulau Sumbawa, gempa itu juga mengakibatkan tebing di Gunung Abang, Kintamani, Bangli, Bali longsor.
 
Kasubbag Humas Polres Bangli AKP Sulhadi menyebut runtuhan longsor itu menganggu akses jalan utama dari Desa Buahan menuju Desa Trunyan, dan sebaliknya.
 
“Syukurnya tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, karena lokasi longsor jauh dari rumah warga,” tandas Sulhadi. 
 
Akibat longsoran menutupi sebagian jalan umum, sehingga menyebabkan akses lalu lintas dari Banjar Dukuh Desa Abang Batu Dinding dan Desa Terunyan menuju Desa Buahan lalu lintas agak terganggu. (nat/detik/dbs/foto:viva)
 
 

Back to Top