#IdulAdha1439H

Salam Kurban Tawarkan Metode Jual Beli Hewan Sesuai Sunah Nabi

gomuslim.co.id- Kurban merupakan salah satu ibadah yang memiliki nilai spiritual sekaligus sosial dalam Islam. Ibadah yang hanya dilakukan pada hari raya Idul Adha dan tiga hari tasyrik ini menjadi dambaan setiap muslim di seluruh dunia. Namun, biaya menjadi sebesar bagi orang-orang yang berkurban.

Salam Kurban hadir dengan menggunakan metode akad jual beli hewan kurban yang sesuai dengan sunnah. Dengan tekad kuat, Salam Kurban yang berdiri sejak tahun 2010 ingin mendorong siapa pun untuk dapat berkurban setiap tahun dengan pembayaran hanya sekali.

“Nikmat Allah kepada kita kan sangat banyak dan perlu kita syukuri. Wujud syukur atas nikmat yang dilakukan ini adalah shalat dan berkurban, ”ujar Tio dari Salam Kurban kepada gomuslim saat Konferensi Pers Qurban Siap Makan Untuk Lombok yang digagas Asosiasi Chef Halal Indonesia (ACHI) bersama El Barka dan Domba & Domba, Rabu (22/08/2018).

Tio mengatakan, setiap tahun hewan kurban selalu naik karena beragam faktor seperti inflasi. Rata, kata dia, sejak zaman rasul sampai nanti pun harga domba itu tetap satu dinar. “Dulu, tahun 2000 harga satu ekor domba itu 300ribu. Sekarang bisa tiga juta lebih. Bayangkan naiknya puluhan kali lipat, ”ungkapnya.

“Sedang kami jual satu ekor domba harganya 1.280.000 sampai 12 tahun yang akan datang. Jadi orang transaksinya sekarang, selama 12 tahun dia perlu mikirin domba lagi. Tiap tahun kita kirim dombanya. Tagline kami 'Beli Sekali Kurban Berkali-Kali', ”sambungnya.

Menurut Tio, akad 'Salam' sendiri sebenarnya telah menerapkan sejak zaman nabi Muhammad dan menjadi harta hingga sekarang. Dalam metode itu, jual beli kurban dengan cara pemesanan dan pembayaran lebih spesifik dengan syarat-syarat tertentu.

“Jadi akad ini kebalikan dari kredit. Kalo kredit kan barangnya bisa baru kita nyicil. Ada orang nyicil rumah 15 sampai 20 tahun. Nah, ini kita balik, bayarnya sekali, kurbanya bisa 12 kali. Kan keren, ”kata dia.

Ia menambahkan, domba dari Salam Kurban dalam jumlah dan kualitas sesuai standar kurban Mencakup berat badan 25 kilogram, sehat, tidak cacat, jantan dan cukup umur. Tidak perlu khawatir soal pengiriman, sebab Salam Kurban akan langsung mengatarkan domba ke lokasi yang diinginkan pembeli.

"Berlaku domba yang memenuhi syarat kurban kita antar setiap tanggal 8 Dzulhijjah atau H-2 setiap tahunan," ujarnya.

Salam Kurban membagi produk kurbannya jadi sebelas paket penjualan. Pembagian tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pekurban untuk berkarban untuk tahun-tahun selanjutnya.

Jika hanya berkurban untuk tahun ini, harganya melompat 2,380,000 rupiah. Bagaimana jika ingin berkurban selama lima tahun berturut-turut mulai dari 2018-2029 maka tinggal membayar 15.360.000 rupiah saja untuk 12 ekor domba. Nantinya, uang itu akan diolah oleh Salam Kurban agar mampu memenuhi target berkurban selama dua belas tahun.

Sekadar tambahan, ACHI mengobrol dengan Salam Kurban, El Barka dan Domba & Sheepjid Qurban Siap Untuk Makan Untuk Lombok. Lewat kerjasama ini, daging akan dimasak dan dikemas di Jakarta atau daging siap santap untuk dikirim ke pengungsi kobran gempa di Lombok. Program ini pun terbuka untuk umum yang ingin membantu donasi. (njs)


Back to Top