#IdulAdha1439H

Kurangi Sampah Plastik, LAZ di Bali Gunakan Besek Bambu untuk Pembungkus Daging Kurban

gomuslim.co.id- Salah satu yang menarik dari pembagian daging hewan kurban di Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Sosial Madani (DSM) Bali yakni dengan menggunakan media besek bambu. Lembaga pengelola dana umat yang beralamat di Jalan Diponegoro, Kota Denpasar ini sengaja menggunakan besek sebagai upaya penggurangan sampah plastik ke media yang ramah lingkungan.

Dari tahun ke tahun, dalam pemotongan dan penyaluran hewan kurban dibagikan ke berbagai pelosok daerah khususnya di Bali dan Nusa Tenggara.

Direktur DSM Bali Andy Krisna mengatakan besek menggantikan keresek atau plastik yang umumnya digunakan untuk mengemas daging kurban. Ini bisa mengurangi sampah plastik dan daging tidak terkontaminasi bahan kimia plastik.

"Besek bambu juga lebih sehat dan membantu pengrajin besek lebih sejahtera. Kualitas daging tetap aman dan tidak merusak alam," tutur Andy, Rabu (22/08/2018).

Keresek hitam atau plastik berwarna termasuk bahan berbahaya yang dibuat dengan proses daur ulang menggunakan zat kimia. Daging yang terkontaminasi zat ini dapat memicu kanker.

Di pihak lain, Manager Program DSM Bali Nur Soleh menyebut plastik bening atau foodgrade jauh lebih aman dibanding keresek hitam dan plastik berwarna lainnya. Besek bambu dianyam menyerupai kotak persegi.

"Bagian bawahnya dilapisi daun pisang, juga ramah lingkungan," katanya.

Tahun ini, DSM Bali menyalurkan hewan kurban ke berbagai pelosok Bali, Kepulauan Sepeken, Nusa Tenggara Timur (NTT), Gaza (Palestina), dan Lombok (Nusa Tenggara Barat) yang tengah dilanda bencana gempa. (nat/republika/dbs/foto:dsmbali)

 


Back to Top