#IdulAdha1439H

Global Qurban Aceh Sebar Ratusan Sapi Hingga ke 13 Kabupaten/Kota 

gomuslim.co.id- Global Qurban-ACT Aceh, bersama mitra dari dalam dan luar negeri, mendistribusikan ratusan hewan kurban ke 13 kabupaten/kota yang ada di Aceh. Pendistribusian ini berlangsung sejak Rabu (22/8) hingga hari tasyrik ketiga, yakni Sabtu (25/8).

Rabu (22/8), penyembelihan dan pendistribusian daging kurban dilakukan di empat kabupaten/kota di Aceh. Mereka antara lain Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Jaya dan, Aceh Barat.

Laila Khalidah selaku Koordinator Program Global Qurban- ACT Aceh mengatakan, total ada 106 hewan kurban yang akan didistribusikan ke 13 kabupaten/kota di Aceh bersama dengan beberapa mitra dari Turki dan dalam negeri.

“Alhamdulillah, tahun ini bersama dengan Yayasan Hayrat Turki, Turkiye Diyanet Foundation (TDV) dan Kitabisa.com. Untuk hari Lebaran pertama kita distribusikan ke empat kabupaten/kota. Jika ditotalkan, ada 26.000 ribu penerima manfaat yang akan menerima daging kurban di seluruh Aceh melalui Global Qurban - ACT Aceh,“ Ujar Laila.

Ada dua titik lokasi yang difokuskan untuk penyembelihan hewan kurban, yaitu di Kebun Kurma Barbate, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, dan di Gampong Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. Hewan kurban ini akan dijemput oleh panitia gampong yang mendapatkan amanah kurban setelah disembelih di lokasi pemotongan.

Zulkarnain selaku penerima manfaat mengatakan dirinya sangat terharu dan senang ketika mendapatkan daging kurban. Daging ini akan dibawa pulang ke rumah dan disantap bersama anak dan istri.

“Di desa kami, tidak setiap tahun ada hewan kurban. Pun kalau ada paling banyak cuma satu ekor. Itu pun harus dibagikan kepada banyak masyarakat karena memang banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan,” papar Zulkarnain.

Selain pendistribusian daging kurban ke 13 kabupaten/kota, Global Qurban - ACT Aceh juga menyelenggarakan Dapur Qurban pada Kamis (23/8). Dapur Qurban menyajikan makanan siap santap khas kurban untuk anak yatim dan masyarakat yang membutuhkan di Aceh. (njs/act)


Back to Top