Mobile Masjid untuk Olimpiade Tokyo 2020 Ajukan Investasi ke Indonesia

gomuslim.co.id- Persiapan Jepang menghadapi Olimpiade Tokyo 2020 terlihat dengan adanya  fasilitas masjid berjalan. Truk Hino disulap menjadi masjid berjalan. Perusahaan yang menyiapkan truk masjid atau Mobile Masjid Project itu adalah Yasu Project. Berbasis truk Hino, direncanakan bakal ada 10 unit yang disediakan dalam ajang olahraga tersebut.

Kepala Panitia Pelaksana Proyek Masjid Berjalan & CEO Yasu Project Co., Ltd, Yasuharu Inoue mengatakan fasilitas tersebut sengaja disediakan untuk membantu umat Islam dalam menunaikan ibadahnya. Sebab, masjid di Jepang sangat jarang.

Menurut Inoue, truk ini ditambah besar dimensinya. Berat truk ini sampai 25 ton. "Sehingga mampu menampung 50 orang sekaligus," ujar Inoue di Jakarta, Kamis (23/08/2018).

Fasilitas masjid berjalan ini tidak kalah dengan masjid-masjid lainnya. Di sana terdapat karpet sebagai alas, AC, kompas, tempat wudhu, sampai mineral crystal sebagai penyejuk ruangannya. Tak cuma jadi masjid dengan ruangan tertutup, truk ini bisa terbuka menjadi masjid hanya dalam 5 menit dengan menekan sebuah tombol.

"Selain jadi tempat sholat, truk bisa jadi apa pun. Multifungsi. Truk bisa menjadi restoran halal dan lain-lain,” tambah dia.

Kedatangan Inoue ke Indonesia ingin menggelontorkan investasi untuk masjid berjalan. Di Jepang, masjid berjalan ini dihargai Rp 14 miliar. (nat/detik/dbs/foto:detik)


Back to Top