Komunitas Muslim Kanada Siap Gelar Festival Budaya Islam ke-15 Akhir Pekan Ini

gomuslim.co.id- MuslimFest, festival seni dan hiburan tahunan ke-15, kembali dihelat di Greater Toronto Area akhir pekan ini. Festival ini akan berlangsung dari 31 Agustus sampai 2 September 2018 di Celebration Square di Mississauga dan akan menjadi akhir pekan cinta, tawa, makanan, dan hiburan bagi orang-orang dari segala usia.

"Selama 15 tahun terakhir, MuslimFest telah menjadi acara yang harus dihadiri untuk Muslim Kanada di seluruh Ontario. Kami mendorong orang-orang dari semua latar belakang untuk mengunjungi festival karena memberikan Muslim kesempatan untuk berbagi budaya kami dengan komunitas yang lebih luas, " kata Tariq Syed, Direktur Acara Festival, seperti dilansir dari publikasi AboutIslam, Rabu, (29/08/2018).

Lewat festival ini, diharapkan budaya Islam bisa disampaikan dengan baik melalui pendidikan bahasa, seni, humor, dan hiburan yang bermakna untuk masyarakat sekitar.

Untuk diketahui, MuslimFest adalah salah satu dari 100 festival terbaik di Ontario dan terdaftar di antara 40 festival terbaik di Amerika Utara oleh FlightNetwork.com. Acara gratis ini akan menampilkan pertunjukan langsung, pameran seni, dan penjual makanan yang lezat. Festival ini adalah perpaduan budaya yang unik yang menggabungkan tradisi agama dan budaya Kanada.

Festival ini akan dimulai pada pukul 5 sore pada hari Jumat, 31 Agustus dengan Upacara Pembukaan Bendera tahunan ke-2 dan paduan suara anak-anak menyanyikan lagu kebangsaan Kanada.

Sepanjang akhir pekan, tahapan festival akan disibukkan dengan para entertainer yang lengkap. Amal Kassir dan Timaj Garad akan menyajikan puisi mereka dan potongan kata-kata yang diucapkan; Dawud Wharnsby dan Harris J. akan menghibur tamu festival dengan pertunjukan musik mereka dan komedian Jeremy McLellan dan Azhar Usman akan membuat para tamu tertawa di malam Sabtu, pertunjukan primetime.

Selain itu, peserta festival juga akan memiliki kesempatan untuk menelusuri dan berbelanja di banyak vendor unik dan mencicipi berbagai penawaran makanan dari seluruh dunia. Pada hari Sabtu dan Minggu, peserta festival dapat belajar cara membuat bunga kertas dengan Hafsa Creates, menggambar komik atau menulis kaligrafi Arab.

Selain lokakarya, akan ada tenda seni dan kerajinan dan permainan karnaval di mana anak-anak dan keluarga dapat mampir sepanjang hari. Beragam karya seni dari seniman dari semua latar belakang akan ditampilkan selama festival.

Sebelumnya, muslimFest adalah festival tahunan pemenang penghargaan di Mississauga yang merayakan yang terbaik dalam seni dan hiburan Muslim. Diluncurkan pada 2004, MuslimFest adalah proyek gabungan DawaNet dan Sound Vision. Hari ini, festival ini dianggap sebagai festival Muslim terbesar di Amerika Utara, menarik lebih dari 40.000 peserta setiap tahun.

Muslim adalah komunitas agama yang tumbuh paling cepat di Kanada, menurut lembaga statistik negara, Statistik Kanada. Muslim mewakili 3,2 persen dari total populasi Kanada, menurut Survei Rumah Tangga Nasional 2011 Kanada. Sebuah survei 2016 oleh Environics menunjukkan bahwa mayoritas Muslim bangga menjadi orang Kanada. (fau/aboutislam/dbs)


Back to Top