Inisiasi Pemberdayaan Masyarakat, Ini Program Kampung Zakat Kemenag di Bengkulu

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Kementerian Agama meluncurkan program Kampung Zakat. Peluncuran tersebut dilakukan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama M. Fuad Nasar di Desa Sidomulyo, Kecamatan Seluma Selatan, Provinsi Bengkulu, Selasa (28/8).

Menurut Fuad Nasar,  Kementerian Agama sebagai leading sector perzakatan di Indonesia saat ini tengah menginisiasi program Kampung Zakat. Fuad menambahkan, program ini bertujuan untuk membangun masyarakat yang mandiri dan kuat.

“Ini merupakan program yang komprehensif yang mencakup berbagai sektor diantaranya mencakup ekonomi, pendidikan, dakwah, kesehatan dan sektor sosial kemanusiaan, ” kata Fuad.

Selain itu, Fuad juga menegaskan program Kampung Zakat ini didesain untuk tiga tahun ke depan. Untuk itu, ia meminta semua elemen untuk terus berkonsentrasi dalam menyukseskan program ini.

“Program ini melibatkan banyak pihak, diantaranya pemerintah pusat, BAZNAS, Asosiasi Lembaga Amil Zakat yang dinaungi Forum Zakat, serta tidak lepas juga dari peran serta pemerintah daerah, untuk itu perlu perhatian dan konsentrasi semua pihak guna mendorong dan mensukseskan program monumental ini,” tambahnya.

Menurutnya, dengan sinergitas antar lembaga-lembaga pengelola Zakat, maka penanganan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Indonesia bisa tecapai.

Turut hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut, Asisten Deputi Pemberdayaan dan Kerukunan Umat Beragama Kementerian Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Aris Darmansyah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu yang diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Yasaroh, Bupati Seluma, Kepala Bidang Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu serta perwakilan Forum Zakat Nasional. (kemenag/dbs)

 


Back to Top