Peringati Hari Konservasi Alam Nasional 2018, Taman Nasional Kerinci Seblat Gelar Lomba Lintas Alam

gomuslim.co.id- Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional 2018, Taman Nasional Kerinci Seblat akan menggelar lomba lintas alam di hutan Madapi, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, pada Minggu (02/08/2018) mendatang.

Kepala Bidang Pengelolaan Wilayah III TNKS, Iwin Kasiwan mengatakan kegiatan ini juga menjadi bagian untuk mempromosikan hutan Madapi sebagai destinasi wisata alam.

“Selama ini khalayak mungkin lebih mengenal destinasi wisata air terjun Betaing. Kami ingin masyarakat luas juga mengetahui destinasi wisata alam di kawasan TNKS di wilayah Rejang Lebong ini,” tutur Iwin di Rejang Lebong, Rabu (29/08/2018).

Para peserta lomba lintas alam ini nantinya dapat menikmati keindahan dan kesejukan udara yang masih asri. Panorama yang didominasi pohon mahoni, damar dan pinus (Madapi) juga menawarkan pesona tersendiri. Panitia mentargetkan ada 25 tim yang akan berlaga. Para pemenang akan mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Kepala Seksi Wilayah VI TNKS Rejang Lebong, M Zainudin mengatakan hutan Madapi yang berada di Dusun Karang Anyar, Desa Pal VIII, Kecamatan Bermani Ulu Raya memiliki luas 212 hektare.  Kawasan menjadi lokasi pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan hutan.

"Hasil hutan bukan kayu berupa getah dan buah dari damar maupun pinus, sudah dimanfaatkan untuk ekonomi masyarakat sekitar hutan Madapi," tutur Zainudian.

Tak hanya hasil hutan bukan kayu, tanaman unji atau kecombrang  yang ada di dalam hutan Madapi ini dimanfaatkan kelompok perempuan penyelamat TNKS menjadi minuman sejenis sirup. (nat/tempo/dbs/foto:seputarjambinews)