Ketua DPR: Wisata Halal Bisa Adopsi Konsep Penta-Helix

gomuslim.co.id- Destinasi Wisata Halal yang dicanangkan Kementerian Pariwisata belum bisa diadopsi oleh berbagai daerah. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan kebanyakan daerah baru mencapai level wisata ramah Muslim.

“Saya berharap Kementerian Pariwisata (Kemenpar) segera melakukan langkah taktis dalam membangun kesadaran pasar (market awareness) wisata halal,” tutur Bamsoet, panggilan akrabnya, Minggu (02/09/2018).

Mantan wartawan itu mendorong Kemenpar untuk menggandeng pemerintah daerah, akademisi, pebisnis atau pelaku industri wisata, komunitas dan media (penta-helix). Bamsoet berharap kementerian yang kini dipimpin Arief Yahya itu  membangun sinergi dengan unsur penta-helix.

“Ini demi mengakselerasi pengembangan destinasi wisata halal di Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Kemenpar bersama Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), serta pemda di seluruh daerah segera melakukan sertifikasi bagi destinasi yang memenuhi sejumlah persyaratan sebagai wisata halal.

Langkah tersebut guna melindungi wisatawan mancanegara (turis) yang menginginkan rasa aman dan nyaman dari aspek syariah saat berpelesir di destinasi wisata halal.

“Mengingat sertifikasi halal tersebut juga akan berdampak pada peningkatan kualitas hotel ataupun restoran, sehingga mampu mendongkrak daya saing di tengah ketatnya persaingan bisnis wisata, baik perhotelan maupun restoran di Indonesia, serta dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai kawasan Taman Wisata Dunia,” papar Bamsoet. (nat/antara/dbs/foto:republika)

 


Back to Top