#KabarHaji

Jutaan Media Massa Liput Penyelenggaraan Haji 2018

gomuslim.co.id- Dalam musim haji 2018 ada 514 juta pamberitaan tentang cakupan Haji oleh media internasional. Juru Bicara Kementerian Media dan Direktur Jenderal Pusat untuk Pemerintahan dan Komunikasi Internasional Arab Saudi, Dr Abdullah Al-Maghlooth, menyebut hasil liputan ini termasuk 6.234 laporan dalam 42 bahasa yang menjangkau 107 negara di seluruh dunia.

Al-Maghlooth memaparkan adapun jumlah media Saudi dan Arab yang mengambil keuntungan dari layanan media selama musim Haji berdiri di 500 surat kabar elektronik, 11 surat kabar, 17 lembaga media dan lima kantor berita.

“Dukungan tanpa batas yang disediakan oleh Menteri Media Awwad Al-Awwad berada di balik lompatan kualitatif yang disaksikan oleh rencana media kementerian untuk musim Haji 2018,” ujar dia seperti yang dilansir dari publikasi Saudi Press Agency pada kesempatan penerbitan laporan akhir tentang pencapaian rencana media haji kementerian.

Al-Awwad mengerahkan upaya besar dalam menerapkan dan menindaklanjuti media rencana. Pihaknya juga berterima kasih kepada semua institusi pemerintah yang berpartisipasi dalam operasi haji.

Selama musim Haji, kata Al-Maghlooth, Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah 818 perwakilan media internasional, dari lebih dari 100 negara, yang meliput haji.

Kementerian juga menyelenggarakan 250 tokoh internasional terkemuka termasuk seniman, pemikir, penulis, dan sarjana yang berkontribusi untuk menyampaikan citra nyata Arab Saudi dalam melayani Dua Masjid Suci dan para peziarah.

Salah satunya interview dengan Christiana Baker, presenter TV Jerman dan tamu dari kementerian, telah memiliki lebih dari delapan juta tampilan di media sosial. Jumlah pandangan dari laporan media yang ditransmisikan oleh akun-akun Pusat untuk Pemerintahan dan Komunikasi Internasional dalam bahasa Arab, Inggris, Perancis dan Jerman mencapai 30,5 juta.

Bahkan, situs web surat kabar Inggris The Independent juga mengirimkan video lengkap tentang Haji, yang diproduksi oleh Pusat dengan lebih dari 800.000 tampilan.

Selain itu, lanjut Al-Maghlooth, kementerian meluncurkan 19 saluran digital penerbitan, 1.500 laporan media dengan lebih dari 89 juta tampilan. Gerbang elektronik layanan haji telah menerbitkan lebih dari 1.635 laporan media termasuk berita, foto, infografis, cerita, figur, dan video manusia. (nat/saudypressagency/dbs/foto:rmol)

 


Back to Top