#AsianGames2018

Pulang Kampung, Zohri Pilih Jadi Relawan PMI untuk Bantu Korban Gempa Lombok

gomuslim.co.id- Bencana gempa Lombok masih menyisakan trauma mendalam bagi masyarakat yang menjadi korban. Mereka masih membutuhkan uluran tangan dari banyak pihak untuk kembali bangkit membangun kehidupan baru. Hal ini pun dimanfaatkan sejumlah atlet Indonesia yang baru saja selesai mengikuti ajang Asian Games 2018.

Salah satunya seperti atlet lari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri yang baru-baru ini bergabung dengan relawan Palang Merah Indonesia. Peraih emas di ajang lari nomor 100 meter putra di Tempere, Finlandia ini memutuskan kembali ke kampung halamannya, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat untuk terlibat dalam aksi kemanusiaan.

Bergabungnya Zohri dengan relawan PMI ini agar bisa membantu korban gempa Lombok. Kabar tersebut disampaikan oleh Lalu Muhammad Zohri melalui sebuah video yang diunggah dalam akun Instagramnya @lalusprinter_real.

Dalam video tersebut, Zohri mengajak masyarakat Lombok dan Nusa Tenggara Barat untuk bangkit bersama-sama dari bencana alam yang telah menimpa. "Mari ulurkan tangan untuk Lombok-NTB. Maaf Kalo suaranya bergetar, harap maklum soalnya lebih terbiasa keliling lapangan Bukan didepan kamera. Beginilah kalo depan kamera gerogi. Selamat pagi, jangan lupa dua raka'atnya," tulis Zohri dalam unggahannya.

Akibat terlibat aksi kemanusiaan, Lalu Muhammad Zohri kembali menerima pujian dari netizen. Dalam aksi tersebut, Zohri juga ditemani penasihat Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) dan pelatih. Pada Asian Games 2018, Zohri bersama tiga rekannya meraih medali perak dari cabang atletik nomor lari estafet 4x100 meter putra.

Selain Zohri, atlet berprestasi di Asian Games 2018 lainnya, Jonatan Christie, juga turut serta dalam aksi kemanusiaan. Peraih emas dari cabang bulutangkis tunggal putra ini berencana membangun 50 hunian sementara bagi korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jonatan berhak mendapat bonus sebesar Rp1,5 miliar dari pemerintah setelah berhasil merebut emas di sektor tunggal putra Asian Games 2018. Sejumlah bonus tambahan dari sponsor pun segera diterimanya.

Meski tak mau menyebutkan besaran donasi yang akan diberikan, Jojo memang sudah menetapkan untuk menyumbang sebagian rezekinya, jauh sebelum kesuksesannya meraih emas.

Kini, Jojo, sapaan karib Jonatan, melakukan penggalangan dana untuk membangun 50 hunian sementara bagi korban gempa Lombok.

"Ada donasi yang saya posting di Instagram untuk bantu saya membangun 50 shelter rumah tinggal sementara di lombok, semoga bermanfaat untuk mereka," kata Jojo.

Jojo sebelumnya juga turut menyumbang kostum yang dikenakannya pada laga final. Kostum miliknya laku dilelang mencapai Rp400 juta. Namun, Jojo tak mau berhenti di situ. Ia ingin membantu saudara se-Tanah Air di Lombok. Ia berharap penggalangan dana yang dilakukan bisa meringankan beban para korban bencana. (njs/bolasport/cnn/dbs)

 


Back to Top