Penumpang Emirates di NY Terserang Gejala Penyakit Massal

gomuslim.co.id- Sebuah serangan penyakit dadakan menyerang sekitar 100 penumpang Emirates Airlines jurusan Dubai-New York mengeluh sakit selama penerbangan dengan gejala batuk-batuk hingga demam. Beberapa di antara mereka dibawa ke rumah sakit saat tiba di New York, Amerika Serikat.

Seperti yang dilansir dari publikasi Reuters, Kamis (06/09/2018), sebanyak 10 orang dari pesawat tersebut dibawa ke RS New York. Kesepuluh orang itu mengalami penyakit yang masih misterius.

“Belum diketahui apa penyebab penyakit tersebut. Namun Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyebut gejala penyakitnya termasuk demam dan batuk-batuk,” tulis Reuters.

Sebenarnya ada 19 orang dari 521 penumpang yang terkonfirmasi sakit. Namun 9 orang menolak untuk dibawa ke RS. Sedangkan yang bersedia untuk dirawat terdiri dari 3 orang penumpang dan 7 lainnya adalah kru pesawat.

"Penumpang lainnya diperbolehkan untuk meninggalkan bandara," kata jubir Emirates.

Pesawat tersebut mendarat di Bandara Internasional JFK, New York pada Rabu (05/09/2018) pagi waktu setempat sekitar pukul 09.00. Sang pilot langsung melaporkan tentang adanya 100 orang yang mengeluhkan sakit di pesawat sehingga tenaga medis langsung mendekati pesawat yang telah mendarat.

Keluhan penyakit tersebut disertai gejala berupa batuk dan demam, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Sementara itu dilansir NY Times, seorang saksi menceritakan kondisi sejumlah penumpang.

"Orang-orang batuk selama penerbangan, seperti berdahak, batuk yang sangat menjijikkan, mereka tidak menutup mulutnya," kata salah seorang penumpang yang berasal dari New York, Erin Sykes.

Seluruh penumpang pun diperiksa oleh otoritas setempat. Sebagian penumpang diperbolehkan melanjutkan proses menuju bagian bea cukai bandara. Kemudian para penumpang dan awak pesawat menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum melanjutkan proses menuju bea cukai di dalam bandara. Hingga kini belum ada keterangan resmi tentang penyakit yang dikeluhkan penumpang serta awak pesawat tersebut. (nat/reuters/dbs/foto:thenational)