Destinasi Wisata Baru di Aceh Jadi Incaran Turis Malaysia

gomuslim.co.id- Mayoritas destinasi di Aceh mengusung konsep wisata halal, karena itu wisatawan asal Malaysia gemar mengunjungi Aceh. Mereka (wisatawan) mulai mencari destinasi pariwisata baru untuk menemukan suasana lain ketika berkunjung ke provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Kebanyakan sekarang ini wisatawan Malaysia mulai mencari destinasi baru. Selama ini mereka hanya berkunjung ke Banda Aceh dan Sabang, sekarang mereka mulai mengarah wilayah Aceh," tutur Kisswoyo, operator pariwisata Travel Aceh di Banda Aceh, Rabu (06/09/2018).

Selama ini, travel Aceh melayani wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Aceh dengan kelompok kecil lima hingga tujuh orang. Kunjungan wisatawan Malaysia tersebut berkisar empat hingga enam hari di Aceh.

Diakui Kisswoyo tingkat kunjungan wisatawan mancanegara Aceh terus meningkat dan terbanyak berasal dari Malaysia. Kondisi ini harus terus dipertahankan agar industri pariwisata Aceh bisa berkembang.

“Selama ini wisatawan mancanegara, terutama dari Malaysia sudah mengenal Banda Aceh dan Sabang. Saat berkunjung lagi ke Aceh, mereka mencari destinasi baru,” katanya.

Kini, destinasi baru yang dicari wisatawan Malaysia cenderung ke wilayah tengah Aceh, seperti ke Aceh Tengah dan Bener Meriah. Apalagi ke wilayah itu ada penerbangan reguler.

"Kebanyakan wisatawan Malaysia ini sudah beberapa kali berkunjung ke Aceh. Mereka sudah tahu Banda Aceh, sudah tahu Sabang. Ketika mereka datang lagi, mereka mencari destinasi baru," akui Kisswoyo.

Karena itu, pihaknya berharap agar pemerintah daerah memanfaat peluang ini untuk mengembangkan sektor pariwisata. Terutama membangun infrastruktur pariwisata agar wisatawan mancanegara betah di Aceh. 

"Ini peluang bagi Aceh. Sekarang ini destinasi pariwisata tidak hanya Banda Aceh dan Sabang, tetapi juga sudah mengarah ke wilayah tengah. Kini, tinggal bagaimana pemerintah daerah memanfaatkan peluang tersebut," tandasnya. (nat/dbs/foto:SteemKR)


Back to Top