Dorong Kebangkitan Zakat Nasional, BAZNAS Award Kembali Digelar

gomuslim.co.id- Upaya mendorong pertumbuhan zakat terus dilakukan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Salah satunya dengan menggelar malam anugerah perzakatan bertajuk BAZNAS Award 2018 akhir pekan lalu.

Menurut Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo, kegiatan ini bertujuan memberikan penghargaan kepada BAZNAS dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BUMN, swasta dan sejumlah kepala daerah, tokoh dan media pendukung kebangkitan zakat.

“Tahun ini BAZNAS kembali menganugerahi penghargaan kepada BAZNAS dan LAZ terbaik, para tokoh, kepala daerah, dan media, yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat, agar semakin memacu kebangkitan zakat di negeri ini,” ujarnya baru-baru ini.

Dalam kegiatan tersebut, BAZNAS memberikan penghargaan kepada LAZ terbaik, para tokoh, kepala daerah, dan media, yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat berdasarkan laporan 2017.

Ia menyebut, pada tahun 2017 perolehan zakat sudah mencapai 6,2 triliun rupiah. Dengan raihan tersebut, ia berharap tahun 2018, capaian itu akan meningkat menjadi delapan triliun rupiah,  mengingat potensinya sangat besar bagi kesejahteraan umat.

"Dari jumlah tersebut hanya 2,9 persen dari potensi zakat yang ada di Indonesia. Dan Zakat seharusnya dikelola seperti pajak mengingat potensinya sangat besar bagi kesejahteraan umat," imbuhya.

Bambang berharap BAZNAS Award yang diberi tajuk ‘Kuat Karena Zakat’ ini mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunia perzakatan. “Ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke -73,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut sekaligus dilakukan pemberian sertifikat lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi  (BNSP) kepada lembaga sertifikasi profesi Baznas serta penyerahan sertifikat secara simbolik kepada Amil yang telah melakukan uji kompetensi.

Turut hadir pada kegiatan yang digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Dirjen Bimas Islam Muhamadiyah Amin, Sekretaris Bimas Islam Tarmizi Tohor, perwakilan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, perwakilan Gubernur / Bupati, direksi BUMN, dan  perwakilan duta besar sahabat.

Tampak hadir pula jajaran BAZNAS, mulai dari Wakil Ketua BAZNAS Zainulbahar Noor, Deputi BAZNAS, M. Arifin Purwakananta; Sekretaris BAZNAS yang juga Ketua Panitia BAZNAS Award, H. Jaja Jaelani, para anggota BAZNAS, Direksi, manajemen,  dan  amil-amilat BAZNAS.

Adapun data penerima penghargaan BAZNAS Award 2018 untuk masing-masing kategori adalah sebagai berikut:

1. Baznas provinsi dengan pertumbuhan penghimpun zakat infak shadaqoh (zis) terbaik: Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

2. Baznas provinsi dengan pendistribusian zis terbaik: Baznas Provinsi Kalimantan Selatan

3. Baznas provinsi dengan program pendayagunaan zis terbaik: Baznas Prov Sumatera Barat

4. Baznas provinsi dengan laporan tahunan terbaik: Baznas Prov Kalimantan Selatan

5. Baznas provinsi terbaik: Baitul Maaal Prov Aceh

6. Baznas kabupaten/kota dengan pertumbuhan penghimpunan zis terbaik: Baznas Kabupaten Barru

7. Baznas kab/kota dengan pendistribusian zis terbaik: Baznas Kabupaten Brebes

8. Baznas kab/kota dengan program pendayagunaan zis terbaik: Baznas Kota Sukabumi

9. Baznas kab/kota dengan laporan tahunan terbaik: Baznas Kota Dumai

10. Baznas kab/kota terbaik: Baznas Kabupaten Sumedang

11. Lembaga amil zakat (LAZ) nasional dengan pertumbuhan penghimpunan zis terbaik: Lazis Muhammadiyah.

12. LAZ nasional dengan pendistribusian zis terbaik: Laznas Daarut Tauhid

13. LAZ nasional dengan program pendayagunaan zis terbaik: Laznas pesantren Islam Al-Azhar

14. LAZ nasional dengan laporan tahunan terbaik: Laznas pesantren Islam Al-Azhar

15. LAZ nasional terbaik: Laznas Nurul Hayat. (njs/kemenag)

 


Back to Top