Tim Robotik MI Islamiyah 03 Madiun Sabet Sejumlah Medali di Malaysia

gomuslim.co.id- Raihan prestasi siswa madrasah di ajang kompetisi robotik seperti tidak pernah surut. Tidak hanya meraih juara di tingkat nasional, capaian prestasi juga sampai di tingkat internasional. Salah satunya seperti yang ditorehkan siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah 03 Madiun baru-baru ini.

Tinggal di desa tidak menjadi halangan bagi siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah 03 Madiun untuk semangat mengikuti lomba robotik. Tim robotik dari madrasah tersebut berhasil meraih sejumlah medali di ajang International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) 2018 yang digelar di International Islamic University Malaysia (IIUM) pada 7 sampai 9 September 2018 lalu.

IISRO merupakan ajang kompetisi robot tahunan yang diselenggarakan oleh IMARO, sebuah organisasi pengembangan robot internasional. IISRO tahun ini diikuti oleh 158 tim dari berbagai Negara. Sebelumnya, tim robotic MI Islamiyah 03 Madiun menjadi juara 2 pada ajang Kompetisi Robotik Madrasah 2017 lalu yang digelar di ICE Serpong.

Pembina tim robotik MI Islamiyah 03 Madiun, Pramudya Ardi mengatakan pihahknya sudah mempersiapkan diri sepulang dari Kompetisi Robotik Madrasah oleh Kementerian Agama 2017 lalu yang memperoleh juara II. “Usai sukses berkompetisi di tingkat Nasional kami mendapatkan dukungan dari berbagai pihak mulai dari Kepala Madrasah, orang tua siswa, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Ia mengaku telah mempersiapkan timnya untuk ikut kompetisi tingkat Internasional ini sejak bulan Mei 2018. “Alhamdulillah atas izin Allah kami mendapatkan kemenangan pada event IISRO ini. Kami masih ingat pesan Direktur KSKK Madrasah pada event Kompetisi Robotik Madrasah tahun lalu yang menyatakan bahwa sudah saatnya Madrasah di desa ikut andil dalam kancah Nasional bahkan Internasional.  Dari ucapan beliau kami membulatkan tekat untuk bisa mengukir prestasi yang lebih tinggi,” tegas Pramudya.

Pada event IISRO 2018, tim Robotika MI Islamiyah 03 Madiun meraih Juara 1 (Gold Medal) untuk kategori Teater, Juara II (Silver Medal) untuk kategori Robot Chef dan Juara III (Bronze Medal). Tim RObotik MI Islamiyah 03 Madiun ini adalah Muhammad Irfan Basith, Hogan Faishol Renjiro Atha Reku, dan Aldris Mursyid Muktabar.

Pada event IISRO 2018 ini, tim MI Islamiyah 03 Madiun untuk kategori Robot Teater mempersempahkan Robot yang bisa membantu manusia untuk menyimpan uang untuk Ibadah Haji. Sedangkan untuk kategori Robot Chef, MI Islamiyah 03 Madiun mempersembahkan robot yang bernama KANTIN-BOT. KANTIN-BOT merupakan robot yang bisa menyajikan menu pilihan secara otomatis.

“Kami membuat KANTIN-BOT ini karena ketika jam istirahat sekolah di kantin penuh oleh siswa. Kami merasa tidak nyaman karena harus berdesakan untuk memesan menu makanan. Selain berdesakan, karena banyaknya pembeli, penjual seringkali salah dalam memberikan menu yang dipesan,” ujar Hogan Faisol.

Kata Hogan, dengan KANTIN-BOT, siswa-siswi bisa memilih menu di kantin sekolah cukup dengan menggunakan HP Smartphone.

"Secara otomatis robot akan menyajikan menu pilihan kita tanpa harus berdesak-desakan dan tanpa membuat penjual kebingungan,” pungkasnya.  (njs/kemenag)


Back to Top