#1Muharram1440H

Kota Padang Resmi Canangkan Sistem Ekonomi Syariah pada Malam Tahun Baru Islam

gomuslim.co.id- Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) resmi mencanangkan sistem ekonomi syariah terhitung sejak 11 September 2018 atau 1 Muharram 1440 Hijriah. Walikota Padang, Mahyeldil Ansharullah membacakan langsung pencanangan tersebut dihadapan ratusan warga Padang saat menyambut pergantian tahun baru hijriah di Masjid Nurul Iman, Senin (10/9/2018) malam.

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa penerapan sistem ekonomi syariah tidak lain untuk mendorong kebangkitan ekonomi umat. “Tahun baru hijriah ini kita jadikan sebagai momentum hijrah demi mencari keberkahan," kata Mahyeldi.

Katanya, untuk transaksi fan pengelolaan keuangan Pemko Padang nantinya, secara bertahap akan dilakukan di bank-bank syariah. "Ini semata mencari ridho Allah, bukan keuntungan materi," katanya.  

Mahyeldi yang dikukuhkan sebagai Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumbar itu memaparkan selain meningkatkan keimanan, ekonomi syariah menjadi bagian paling penting dalam hal penguatan umat. Terutama bagi generasi muda yang akan menjadi estafet Bangsa di masa mendatang.

"Kita sudah mulai berbagai program dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan ekonomi syariah. Seperti wisata syariah, termasuk pengelolaan hotel secara syariah," katanya.

Di Padang sendiri, sejak beberapa tahun belakangan, sebut Mahyeldi, pemberdayaan perekonomian syariah dikembangkan dengan membentuk Kelompok Usaha Jasa Keuangan Syariah (KJKS) yang tersebar di 104 kelurahan.

Dari hasil evaluasi, paling tidak, 65 persen dari 104 KJKS dinyatakan sehat. Sedangkan 10 persen lainnya, masuk kelompok usaha mandiri. Sebab, telah memiliki aset diatas Rp1 miliar dan tingkat NPL di bawah 10 persen. Sisanya, masih butuh pembinaan lebih lanjut. (njs/jawapos/dbs/foto:sumbar)


Back to Top