Fokus pada Pengembangan UMKM, Indonesia Syariah Fair 2018 Siap Digelar

gomuslim.co.id- Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) berencana menggelar pameran keuangan syariah untuk meningkatkan bersaran penyaluran pembiayaan syariah kepada pelaku UMKM di Indonesia.

Rencananya, acara  bertajuk ‘Indonesia Syariah Fair (Insyaf)’  ini bakal diselenggarakan pada 27-29 November 2018. Adapun pelaksanaannya akan dilakukan dalam berbagai kegiatan, seperti seminar, diskusi, lomba karya tulis ilmiah, talkshow, pameran, dan masih banyak lagi.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo, mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan lembaga keuangan khususnya perbankan syariah, mengubah arahnya ke arah yang baru dengan lebih inklusif, membuka akses keuangan bagi para pengusaha dari berbagai level.

“Market share industri keuangan syariah masih 5,3 persen. Hal tersebut akibat minimnya penetrasi pembiayaan sektor riil yang produktif di masyarakat, termasuk di sektor inklusi keuangan yaitu sektor mikro dan usaha kecil,” katanya dalam konferensi pers, Senin (10/9).

Sementara itu, perbankan syariah dinilai lebih fokus untuk memberikan pembiayaan kepada pelaku usaha kelas atas.

Kegiatan tersebut nantinya diharapkan menjadi akselerator dalam menumbuhkan gairah percepatan pengembangan KUMKM Indonesia dan meningkatkan edukasi masyarakat soal industri keuangan syariah.

Sementara, Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo menambahkan kegiatan ini diharapkan menjadi akselerator untuk menumbuhkan pengembangan UMKM. Acara ini dikemas dalam kreativitas dan bersifat edukatif, sehingga peserta maupun pegunjung memperoleh manfaat yang maksimal.

"Even ini menampilkan produk pembiyaan syariah dan produk produk halal, harapannya even ini menjadi rujukan atau tempat bertemunya berbagai pihak yang terkait pola pembiyaan syariah," harap Braman Setyo.

Selain itu, Direktur Pembiayaan Syariah LPDB-KUMKM Jaenal Aripin juga menargetkan jumlah pelaku UMKM yang dapat mengajukan pembiayaan mencapai 100 pengusaha.

“Kami berharap ada 100 UMKM yang bisa mengajukan pembiayaan baik langsung ke kami ataupun  melalui mitra kami seperti koperasi atau lembaga keuangan lainnya,” ujarnya.

Untuk diketahui,  LPDB-KUMKM merupakan satuan kerja di bawah Kementerian Koperasi dan UMKM yang menyediakan pembiayaan dan mengelola dana bergulir yang bertujuan memperkuat permidalan bagi koperasi dan UMKM. Hingga saat ini, LPDB - KUMKM telah menyalurkan Rp1,8 triliun pembiayaan syariah selama periode 2008-2018 dari total Rp8,5 triliun.  (fau/lpdb/dbs/foto: merdeka)

 

 

 

 

 


Back to Top