Pikat 2.000 Wisatawan, Gayo Alas Mountain International Festival 2018 Siap Digelar di Aceh Tengah

gomuslim.co.id- Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018 dibuka pada Jumat (14/09/2018). Seluruh hotel dan penginapan di Takengon, Aceh Tengah, dipastikan penuh. Rencana pembukaan GAMIFest yang mengundang 2.000 tamu itu diperkirakan menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

"Pemesanan sudah berlangsung sejak dua minggu yang lalu. Bahkan booking juga terjadi menjelang pembukaan," ujar Cut Dewi Karmila, pemilik Hotel Bayu Hill Takengon, Aceh Tengah, Rabu (12/09/2018).

Sementara itu, jumlah kamar hotel tersebut mulai ramai dipesan untuk tanggal 12 hingga 14 September.

"Dari 45 kamar yang kami miliki, sudah dipesan menjelang 14 September. Mulai full untuk tanggal 12 hingga 14, sehingga dipastikan padat," kata Cut Dewi.

Dari total kamar yang dimiliki, lebih kurang menampung 90 hingga 100 orang. Meski demikian, hotel tetap menerima wisatawan yang akan meramaikan acara akbar itu, sesuai imbauan dari Pemda Aceh Tengah dalam sebuah rapat yang pernah diikuti sebelumnya.

"Kita diimbau untuk memperhatikan aspek kebersihan, pelayanan. Kita akan berupaya maksimalkan dengan tetap menginstimewakan tamu baik dari segi pelayanan dan keamanan," papar dia.

Peran hotel harus terus ditingkatkan untuk GAMIFest. Termasuk untuk kuliner di hotel seperti penyajian kopi arabika gayo.

"Kita turut membantu publikasi lewat media sosial kepada tamu yang mungkin sudah kemari atau yang belum pernah kemari. Jadi kita sampaikan bahwa ada agenda kebudayaan di Dataran Tinggi Gayo Alas," kata Cut Dewi.

Perhelatan GAMIFest 2018 digelar di empat kabupaten di Aceh, yakni di Dataran Tinggi Gayo meliputi Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues, serta di Aceh Tenggara atau disebut juga tanah Alas. Perhelatan kebudayaan masyarakat Gayo-Alas yang berada di wilayah tengah tenggara Aceh ini akan berlangsung selama tiga bulan, dimulai 14 September dan berakhir pada 24 November 2018. (nat/kompas/dbs/foto:disbudparaceh)


Back to Top