Selamatkan Bocah Empat Tahun, Warga Imigran Muslim Ini Dapat Kewarganegaraan Perancis

gomuslim.co.id- Selalu ada balasan kebaikan atas kebaikan yang dilakukan kepada orang lain. Seperti yang dialami Mamoudou Gassama, seorang migran Muslim asal Mali. Namanya dikenal setelah video dirinya menyelamatkan seorang bocah kecil yang tergantung di balkon di Paris, Prancis, pada 28 Mei lalu viral.

Baru-baru ini, sebuah keputusan resmi dari pemerintah menyebutkan bahwa Mamoudou Gassama mendapat kewarganegaraan Prancis. "Tindakan keberanian besar ini mencontohkan nilai-nilai yang membantu menyatukan komunitas nasional kita, seperti keberanian, tidak mementingkan diri sendiri, altruisme dan mengurus yang paling rentan," demikian seperti dilansir dari publikasi BBC, Sabtu (15/09/2018).

Muslim Afrika yang pemberani dan telah berada di Perancis secara illegal ini menerima pengakuan internasional atas tindakan heroiknya. Dia memanjat empat lantai dengan tangan kosong untuk menyelamatkan seorang anak empat tahun yang ditinggalkan tanpa pengawasan.

Presiden Prancis Emmanuel Macron secara pribadi berterima kasih kepadanya dan mengatakan dia akan ditawari peran dalam dinas pemadam kebakaran. Dia juga menandatangani kontrak untuk magang dengan dinas kebakaran Paris dan diberi medali oleh kota.

Gassama pada awalnya diberikan tempat tinggal di Prancis sebagai langkah pertama menuju kewarganegaraan. Kemudian dirinya dilacak untuk menerima kewarganegaraan Prancis karena gerakannya yang luar biasa. 

Imigran Muslim

The 'Muslim Superman' tiba di Prancis pada tahun 2017 melalui rute migran Mediterania dan menemukan pekerjaan di sebuah perusahaan konstruksi di ibukota.

Dia bekerja bangunan dan tinggal di sebuah asrama di pinggiran timur Montreuil yang dikenal sebagai "Bamako kecil" karena populasi Mali yang besar. Dia tidak mengajukan permohonan suaka dan tinggal secara ilegal di Prancis.

Mali, ibu pertiwi dari Gassama, adalah sebuah negara Muslim Afrika Barat di mana Islam mewakili 95% dari total penduduknya menurut CIA Factbook. Negara Afrika Barat menikmati sejarah panjang dengan Islam sejak abad ke-9 ketika pedagang Muslim Amazigh membawa Islam ke selatan dari Afrika Utara. Kota Mali di Timbuktu, Gao dan Kano masih berdiri sebagai pusat pembelajaran Islam internasional di seluruh Dunia Islam. (njs/aboutislam/bbc/dbs)


Back to Top