Kepolisian Yorkshire Luncurkan Seragam Baru untuk Polisi Muslimah di Inggris

gomuslim.co.id-  Kepolisian West Yorkshire telah menjadi yang pertama di Inggris yang menawarkan alternatif seragam sederhana untuk para perwira Muslimah.

"Selama sebulan terakhir kami telah melakukan uji coba seragam baru untuk wanita yang dirancang untuk tidak menunjukkan bentuk tubuh perempuan (tidak terlalu ketat)," kata Asisten Kepala Polisi Angela Williams, seperti dilansir dari publikasi Daily Star, Selasa, (18/09/2018).

Seragam baru ini disarankan oleh petugas wanita Muslimah dan dirancang oleh Manajer Pakaian dari staff kepolisian.  Williams menambahkan bahwa seragam sederhana baru ini disarankan untuk mendorong umat Islam bergabung dengan kepolisian, khususnya memberi kesempatan bagi muslimah Inggris yang ingin menjadi polisi wanita.

“Semoga seragam ini akan mendorong orang-orang dari kelompok yang kurang terwakilkan untuk mempertimbangkan karir di kepolisian.  Jika mereka sebelumnya telah menunda bergabung dengan pasukan karena seragam. Saat ini lami terbuka untuk saran dari semua komunitas tentang bagaimana seragam kami dapat ditata untuk lebih sesuai dengan kebutuhan mereka, “ jelasnya.

Meskipun banyak pasukan kepolisian Inggris mengizinkan hijab sebagai bagian dari seragam untuk para perwira Muslim, pasukan West Yorkshire adalah yang pertama yang menawarkan seragam khusus untuk Muslimah.

Untuk diketahui, populasi Muslim Inggris pada 2011 mencapai 2.786.635 orang. Jumlah ini lebih banyak 1,55 juta orang bila dibandingkan hasil sensus 2001. Pada tahun 2014 jumlah penduduk Muslim di Inggris diperkirakan meningkat menjadi 3.114.992. Sekitar setengahnya atau 1.554.022 orang lahir di luar negeri. Di seluruh Inggris dan Wales populasi Muslim berjumlah 3.047.000 atau 97,8 persen dari seluruh Muslim Inggris atau 5,4 persen dari total populasi.

Hampir 95 persen Muslim tinggal di negeri yang kini dipimpin Ratu Elizabeth II, putri pertama penguasa Inggris sebelumnya, Raja George VI. Tiga perempat Muslim tinggal di London, Yorkshire, dan Humberside. Sensus 2011 menunjukkan, ada 77 ribu Muslim di Skotlandia, 46 ribu orang di Wales, dan 3.800 Muslim di Irlandia Utara. Sebagian dari mereka adalah warga asli Inggris. (fau/ds/dbs/foto: aboutislam)

 


Back to Top