Bidik Wisatawan Muslim Indonesia, Pemerintah Taiwan Tawarkan Jatah Kuota Haji

gomuslim.co.id- Wisatawan muslim Indonesia menjadi salah satu bidikan utama Pemerintah Taiwan untuk berlibur di sana. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah setempat  untukn menggaet wisatawan dari berbagai latar belakang suku, ras, agama dan budaya.

Deputy Director of Taiwan External Trade Development Council (Taitra) Jessie Tseng mengatakan, pihaknya sendiri secara aktif mengejar target pemasaran wisata. Tidak hanya terus meningkatkan pembangunan fasilitas pameran, makanan, akomodasi, transportasi serta pembangunan lainnya, dalam bidang pelayanan, Taiwan kini menyediakan juga konsep perencanaan dan persiapan pameran yang khusus.

“Taiwan mencoba mengenalkan budaya, kuliner dan tempat yang menarik sesuai dengan wisatawan yang beragama muslim,” ujarnya dalam acara meet Taiwan Networking Event di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Acara Meet Taiwan didukung oleh Taiwan External Trade and Development Council (TAITRA), dibawah pengawasan dari Bureau of Foreign Trade (BOFT) of the Ministry of Economic Affairs (MOEA) of Taiwan. Acara dikemas dengan tema High Five Taiwan itu diisi dengan berbagai kegiatan diskusi, temu investor, promosi wisata, dan memperkenalkan aneka kuliner halal.

Menurur Jessie, Indonesia dan Taiwan memiliki hubungan yang erat baik itu di bidang ekonomi, perdagangan, budaya dan juga pariwisata. Sebagai mitra yang baik, kata dia, Pemerintah Taiwan berusaha untuk memberikan pelayanan yang ramah kepada para wisatawan termasuk wisatawan Indonesia yang dikenal dengan penduduknya yang mayoritas beragama muslim.

Selain menyiapkan pelayanan yang ramah, jelas Jessie, juga tidak ketinggalan segala kebutuhan wisatawan muslim yang datang ke Taiwan seperti menyiapkan makanan dan kuliner yang bersertifikat halal, hotel dan penginapan yang sesuai dengan standar wisatawan muslim. Tidak ketinggalan menyediakan tempat ibadah bagi umat muslim di beberapa lokasi wisata.

Ditambahkan Jessie, peninjauan relawan Bulan Sabit 2018 kini menempatkan Taiwan sebagai peringkat ke-5 sebagai destinasi dan daerah yang ramah terhadap wisatawan muslim yang tengah berkunjung ke Taiwan. Bahkan, kata dia, berdasarkan Global Muslim Tourism Index (GMTII), Taiwan kini berada di peringkat ke-5 sebagai negara yang ramah terhadap wisawatan muslim.

Dalam prakteknya, kata Jessie, saat ini telah mensertifikasi 100 restoran halal dan menyediakan informasi terhadap restoran yang halal dengan tidak mengandung Babi dan non Alkohol. Hal ini akan lebih mempermudah wisatawan muslim dalam mengindentifikasinya. Sehingga kelak akan lebih banyak lagi perusahaan Indonesia ataupun wisatawan muslim Indonesia yang ingin datang ke Taiwan dan merasakan kebaikan dan keramahtamahan di sana.

Selain itu, kini banyak beberapa agen wisatawa dan perusahaan wisata yang kini siap menyediakan paket-paket wisata bagi wisatawan muslim di Indonesia yang berniat mengunjungi Taiwan termasuk dengan menyertakan perusahaan penerbangan China Airlines dan Eva Air dalam penerbangan ke Taiwan dari Indonesia langsung.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Divisi Ekonomi Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta, Jack Chen-Huan Hsiao menuturkan pihaknya menawarkan kemudahan untuk naik haji bagi masyarakat Indonesia, dengan menggunakan kuota Haji milik Taiwan. Menurut Jack, Taiwan juga memiliki populasi muslim, tapi kebutuhan kuota haji di Taiwan tidak terlalu signifikan seperti di Indonesia.

“Bagi muslim Indonesia, untuk pergi haji terdapat pembatasan kuota setiap tahunnya. Di Indonesia, Anda mungkin butuh waktu 2 tahun untuk berangkat. Sementara di Taiwan, kami juga memiliki banyak populasi muslim, namun kami tidak memiliki kebutuhan mendesak terhadap hal tersebut, sehingga Anda bisa menggunakan kuota kami untuk mendaftar haji melalui Taiwan,” papar Jack.

Hal tersebut, menurut dia, merupakan bagian dari upaya Taiwan untuk menyediakan lingkungan yang ramah bagi kaum muslim guna mendorong peningkatan jumlah wisatawan dari negara berlatarbelakang muslim. (njs/balipost/sindo/dbs)

 


Back to Top