Berubah Jadi Padang Rumput Sabana, Begini Pesona Destinasi Rawa Pening di Semarang

gomuslim.co.id- Kemarau yang berkepanjangan membuat sebagian telaga dan rawa menjadi surut. Namun, meskipun surut keindahan alamnya justru semakin terpancar. Seperti yang terjadi di Rawa Pening Semarang baru-baru ini.

Kawasan rawa yang dipenuhi eceng gondok ini memunculkan padang rumput menghijau ketika musim kemarau. Lokasi ini pun mendadak viral dikunjungi, apalagi menjelang akhir pekan.

Warga pun mengetahui ada New Sabana Rawa Pening dari media sosial karena viral. Adapun lokasi New Sabana Rawa Pening berada di wilayah Dusun Klurahan, Desa Tuntang, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Untuk mencapai lokasi ini pun tidaklah sulit dan bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun mobil pribadi.

Adapun dari lokasi parkiran sepeda motor maupun mobil ini, pengunjung harus berjalan menyusuri jalan setapak di lokasi rawa sekitar 100 meter. Jalan setapak yang dilewati tersebut, pada musim penghujan terendam air.

Ketika cuaca cerah, pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Telomoyo, Merbabu dan Ungaran dari kejauhan.

Salah satu pengunjung, Reyzi Chaniago (22), warga Ambarawa mengaku ia datang bersama dengan lima temannya setelah mengetahui keberadaan sabana ini dari sosmed. Kemunculan menjadi daya tarik wisata dadakan karena efek kemarau panjang. Apalagi jelang akhir pekan, makin banyak yang datang.

"Kami tahunya dari sosmed, terus tertarik melihat wisata dadakan efek kemarau panjang. Rasa interest ini pun terbayarkan, dengan cukup bayar parkir Rp 2.000," ujarnya, Rabu (19/09/2018).

Sementara itu, Koordinator Wisata New Sabana Rawa Pening, Agus Alwi mengatakan terjadinya New Sabana Rawa Pening ini karena fenomena alam dan tidak terjadi tiap tahun sekali.

"Terjadinya kayak fenomena alam, kebetulan juga tidak tiap tahun sekali. Ini baru ada sekitar 12 tahun sekali. Tiap tahun ada pendangkalan seperti ini, tapi terjadinya kadang enceng gondok-enceng gondok yang penuh," ujar Agus. (nat/detiktravel/dbs/foto:detik)


Back to Top