Provinsi Bengkulu Jadi Tuan Rumah Kompetisi Sains Madrasah Nasional 2018

gomuslim.co.id- Provinsi Bengkulu siap menyambut kontingen Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2018. KSM tingkat Nasional akan berlangsung mulai 24 sampai 29 September 2018, di Bengkulu. Diperkirakan akan ada sekitar 1500 orang kontingen dari 34 provinsi yang hadir dalam gelaran dua tahunan tersebut.

Kepastian akan kesiapan tuan rumah ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Bengkulu, Bustasar kepada awak media.

“Secara keseluruhan saat ini persiapan kita sudah matang untuk pelaksanaan KSM tingkat Nasional ini. Insyaallah semua aspek kita persiapkan secara maksimal agar pelaksanaan KSM di Bengkulu berjalan sukses tanpa kendala berarti,” ujar Bustasar.

Persiapan mulai dari acara pembukaan dan penutupan, venue perlombaan, penginapan, hingga transportasi telah dilakukan oleh Kanwil Kemenag bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Bustasar menyampaikan, pembukaan KSM Nasional 2018 akan dilangsungkan di Gedung Bungkuk, Selasa, 25 September 2018. “Rencananya, kegiatan akan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin,” imbuh Bustasar.

Selain itu, Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga menyambut baik penunjukan Provinsi Bengkulu sebagai tuan rumah KSM tingkat Nasional. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia yang telah memberikan kepercayaan penuh kepada Provinsi Bengkulu,” kata Rohidin.

Rohidin pun mengaku pihaknya berusaha  agar mampu menjadi tuan rumah yang baik, ramah, dan berkesan bagi seluruh kontingen madrasah dari berbagai penjuru nusantara. Ia pun mengajak masyarakat Bengkulu untuk turut menyukseskan acara.

 “Saya mengajak seluruh perangkat kerja Pemerintah Daerah dan masyarakat Bengkulu untuk menyukseskan Kompetisi Sains Madrasah di Provinsi Bengkulu,” kata Rohidin.

Untuk diketahui, ada beberapa bidang studi yang dilombakan pada KSM ke-7 ini. Untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), mata pelajaran yang dilombakan adalah Matematika dan IPA.

Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs), selain Matematika dan IPA, mata pelajaran IPS juga dilombakan. Sedang untuk tingkat Madrasah Aliyah (MA), bidang studinya mencakup: Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. (kemenag/dbs/foto: vebma)

 

Baca juga:

Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Digelar Serentak pada 25 Juli 2018