Festival Perkusi Internasional Bernuansa Islami Akan Digelar di Lhokseumawe Aceh

gomuslim.co.id- Aceh International Rapai Festival (ACIRAF) yang ke-2 akan digelar tahun ini di Kota Lhokseumawe. Kegiatan akan dilakukan pada 3 hingga 7 November 2018. Menariknya, tak hanya peserta dari dalam negeri, ratusan penabuh Rapai dan sejumlah grup perkusi luar negeri juga turut memeriahkan salah satu dari 100 event Wonderful Indonesia 2018 di Stadion Tunas Bangsa, Kota Lhokseumawe, Aceh.

Ketua panitia kegiatan itu, Nazaruddin ZA, menjelaskan acara dipastikan berlangsung meriah. Pasalnya kali ini mengusung konsep murni perkusi bernuansa Islami. Sebanyak lima negara diundang hadir yakni Malaysia, Thailand, Uzbekistan, Mesir, dan Turki.

“Tahun ini konsep yang kita usung berbeda dengan sebelumnya, yaitu penampilan Rapai dan penampilan perkusi tradisi dari sejumlah negara, tanpa kolaborasi alat musik moderen,” ujar Nazaruddin.

Sedangkan, untuk peserta perkusi dari Indonesia diundang yaitu Sanggar Legaran Sati dari Sumatera Barat, Sanggar Alam Serang Dakko dari Sulawesi Selatan, Sanggar Gempar Lima, Gendang Panjang Bengkalis, Riau dan sejumlah sanggar lainnya.

Dikatakan Nazaruddin, panitia yang terdiri dari Dinas Kebudayaan dan Periwisata Aceh dibantu Dinas terkait di Kota Lhokseumawe dan pegiat seni setempat sedang mematangkan persiapan lapangan, antara persiapan tiga lokasi acara yaitu di Stadion Tunas Bangsa, Lapangan Sudirman dan Waduk Jeulikat.

“Selain, pertunjukan seni kita juga menggelar seminar budaya, kunjungan ke situs sejarah dan agenda pra acara,” ungkap Nazaruddin yang juga tokoh seni Rapai

Terpilihnya Kota Lhokseumawe oleh Kementerian Pariwisata untuk menggelar ACIRAF, karena dinilai mampu melestarikan seni tabuh Rapai sehingga digemari generasi muda dan menjadi agenda tetap kegiatan pariwisata Kota Lhokseumawe. (nat/kompas/dbs/foto:kmamesir)


Back to Top