ACT Bangun Family Shelter untuk Korban Gempa Lombok di Dusun Sambik Jengkel 

gomuslim.co.id- Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah melakukan berbagai upaya untuk mempercepat fase pemulihan Lombok. Setelah mendirikan Integrated Community Shelter (ICS) di Lapangan Gondang, ACT Juga tengah membangun Family Shelter di Dusun Sambik Jengkel, Desa Selengen, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara.

Dede Abdul Rohman selaku Koordinator Pembangunan Family Shelter mengungkapkan, sebanyak 74 dari target 99 Family Shelter sudah berhasil didirikan, juga mulai bisa dihuni. “Alhamdulillah, pembangunan cukup cepat, jadi warga bisa langsung pindah dari tenda,” kata Dede.

Sejak awal memulai pembangunan, Kamis (13/9) pekan lalu, ACT sebagai inisiator sendiri yang mengawal proses pembangunan Family Shelter. Mulai dari menyediakan bahan material, mendirikan kerangka, memasang triplek sebagai dinding, memasang atap go green, memasang bubung, hingga pengecatan.

Tak hanya bekerja sama dengan para pekerja bangunan, ACT juga memperkenankan warga yang ingin berkontribusi dalam pembangunan rumah hunian mereka. Bahkan tak jarang dari mereka turut membantu dari awal hingga akhir proses pembangunan, hingga rumah hunian bisa dihuni oleh mereka.

“Warga di sini antusias luar biasa, mereka juga turun ke lapangan untuk membantu pembangunan. Banyak dari mereka bersyukur bisa tinggal di rumah beratap, tak hanya di tenda terpal,” papar Dede.

Upaya mempercepat pembangunan juga didukung oleh kesediaan para pekerja bangunan untuk bekerja lembur. Mereka mulai bekerja pada pukul 07:00 WITA dan selesai pada pukul 23:00 WITA. “Kami bersyukur bisa bekerja sama dengan para pekerja. Mereka juga begitu semangat, bahkan rela bekerja lembur supaya warga bisa lekas menempati rumah yang lebih layak,” tutur Dede.

Family Shelter merupakan salah satu bentuk rumah hunian sementara, selain ICS dan Shelter Knockdown, yang dimiliki ACT. Dede pun menambahkan, akan ada pembangunan hunian sementara di beberapa daerah lain. Salah satunya pembangunan 152 unit Family Shelter di Dusun Dompo Indah, Desa Selengen, Kecamatan Kayangan, Lombok Utara.

“Insya Allah, hunian sementara ini menjadi salah satu solusi untuk masyarakat Lombok untuk bisa merasakan kembali tinggal di rumah. Kami mohon doa, semoga ikhtiar ini menjadi upaya terbaik seluruh masyarakat Indonesia untuk memulihkan Lombok,” tambahnya. (njs/act)


Back to Top