Pemilik Restoran Halal di Washington Ini Beri Makanan Gratis untuk Ribuan Tunawisma

gomuslim.co.id- Banyak kebaikan yang bisa dilakukan kepada sesama manusia. Salah satunya seperti yang dilakukan Kazi Mannan, pemilik restoran halal di Washington DC yang menawarkan makanan gratis untuk tunawisma setiap hari.

Pemilik Sakina Halal Grill itu mengatakan, aksinya itu dilakukan untuk menghormati tradisi ibunya. “Saya berdoa kepada Tuhan bahwa jika saya memiliki restoran, saya akan mengumumkan pada hari pertama bahwa saya akan membawa orang-orang tunawisma,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi ABC 13 News Now, Rabu (26/09/2018).

Restoran Sakina Halal Grill sendiri berlokasi tidak jauhnya dari Gedung Putih. “Anda bisa datang, saya tidak akan pernah berkata tidak. Anda dipersilakan untuk makan gratis dengan hormat dan bermartabat. Kami akan memperlakukan Anda sama," sambungnya.

Kazi dibesarkan di sebuah desa kecil di Pakistan. Meskipun hidup dalam kemiskinan dengan 11 saudara kandung, ibunya mengajarinya untuk bersyukur kepada Tuhan atas semua berkatnya dengan berbagi makanan kepada mereka yang membutuhkan.

"Ibu saya, saya sangat menghargai bagaimana dia mengajar kami dalam pengasuhan kami untuk berterima kasih kepada Tuhan, itu adalah sikap," kata Kazi.

Saat memasak makan malam, ibu Kazi, Sakina, akan mengirim anak-anaknya untuk mengirim makanan ke tetangga mereka, meskipun persediaan mereka sangat terbatas. "Itu cara ibu saya bersyukur kepada Tuhan," kata Kazi.

Ketika Kazi mendarat di Amerika Serikat, dia membawa bersamanya hanya 3 USD dan ajaran ibunya. Setelah bertahun-tahun bekerja keras, Kazi berpikir untuk membuka restoran sebagai cara untuk membalas.

“Saya biasa memasak di rumah dan teman-teman saya seperti, 'Mengapa Anda tidak membuka restoran karena Anda memasak dengan sangat baik?,” Kenang Kazi.

“Banyak teman berkata, 'Jangan biarkan orang-orang tunawisma masuk ke restoran Anda. Mereka akan merusak bisnis Anda. Di dalam hatiku saya memiliki makanan dan orang lain yang tidak mampu membelinya tidak. Jika saya gagal, saya gagal! Aku tidak peduli. Ini manusia,” ungkapnya.

Pada hari pembukaan di tahun 2013, Kazi berjalan ke taman terdekat dan mengundang puluhan orang tunawisma ke restorannya. Hanya dalam waktu lima tahun, selusin pelanggan pertama itu berubah menjadi ribuan. Kazi memperkirakan dia memberi makan 16.000 orang yang membutuhkan setiap tahun.

“Tidak peduli apa kekuatan yang Anda miliki, pekerjaan apa yang Anda miliki. Jika Anda hanya memikirkan manusia lain, berrbaringlah di punggung Anda dan pikirkan tentang bagaimana Tuhan ingin kita saling mencintai. ”

"Jika Anda ingin menyembah Tuhan, Anda harus menunjukkan kebaikan pada ciptaan-Nya," kata Kazi.

“Dia menciptakan kita untuk memperlakukan satu sama lain dengan kebaikan dan cinta… ibadah bukan hanya Anda mengisolasi diri di kuil, masjid, gereja tempat Anda hanya duduk dan melakukan ibadah. Ibadah adalah banyak tindakan yang Anda lakukan dalam hidup Anda," tutupnya. (njs/abc13newsnow/aboutislam)


Back to Top