Pasca Kereta Cepat Haramain Diresmikan, Waktu Tempuh Makkah-Madinah Hanya 90 Menit

gomuslim.co.id- Kereta Api Cepat Haramain di Arab Saudi sudah mulai dioperasikan pihak kerajaan. Dengan hadirnya transportasi masal anyar ini, jarak Makkah-Madinah yang sebelumnya ditempuh dengan naik kendaraan darat selama  enam jam kini hanya cukup satu jam setengah atau 90 menit.

Prosesi peresmian kereta api cepat tersebut telah dilakukan oleh Raja Arab Saudi, Salman Bin Abdul Aziz dua hari lalu. Seusai meresmikan Raja Salman mencoba kereta Haramain. Dia naik kereta api di stasiun Jeddah untuk melakukan perjalanan ke wilayah Madinah.

“Pada Allah kami bersandar dan kami berdoa kepada Allah untuk memberi kami kesuksesan. Terima kasih kepada Allah negara kita menyaksikan pertumbuhan dan kemakmuran di semua bidang. Kami bersyukur kepada Allah atas karunia yang telah diberkati kepada kerajaan ini,” ujar Raja Salman seperti dilansir dari publikasi Saudigazzate, Kamis (27/09/2018).

Menteri Transportasi Dr Nabil Al-Amoudi mengatakan pengoperasian kereta Haramain adalah rahmat Allah bagi kerajaan Saudi Arabia untuk  menghormati melayani para peziarah umrah dan haji. Dia menambahkan Raja Salman pun sudah mengeluarkan arahan untuk melayani para peziarah dengan potensi penuh termasuk menyediakan layanan transportasi dasar sesuai dengan Visi Saudi Arabia  2030. Kini Makkah-Madinah yang dahulu ditempuh lebih dari lima jam, kini hanya memakan waktu perjalan hanya dalam 90 menit saja.

“Proyek Kereta Ekspres Haramain memang sejalan dengan tujuan Visi 2030. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan jumlah peziarah dan pengunjung ke Dua Masjid Suci itu, yakni Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Selain itu, proyek kereta haramain adalah adalah proyek kereta api listrik terbesar di Timur Tengah,” jelasnya.

Kereta itu akan berlari dengan kecepatan 300 kilometer per jam dan akan menempuh jarak 450 km. Kereta Haramain  menghubungkan lima stasiun: Makkah, Jeddah, Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, Rabigh dan Madinah. (njs/saudigazzate/ihram/foto:hajjwithae)

 


Back to Top