Dewan Muslim Inggris Gelar Konferensi Tantangan dan Peluang Masa Depan Masjid

gomuslim.co.id- Dewan Muslim Inggris atau Muslim Council of Britain (MCB) menggelar konferensi nasional tentang praktik terbaik dan pemikiran ke depan masjid-masjid di Inggris akhir pekan lalu. Kegiatan ini diikuti lebih dari 300 peserta dari berbagai komunitas yang berbeda.

Kegiatan bertajuk #PeopleNotBuildings itu digelar di Pusat Warisan Muslim Inggris atau British Muslim Heritage Centre (BMHC). Topik yang dibahas selama acara satu hari itu berfokus pada berbagai peluang dan tantangan yang mempengaruhi Masjid di Inggris saat ini.

Sekretaris Jenderal MCB, Harun Khan, menjelaskan konsep di balik judul acara ini adalah untuk mengoptimalkan peran pemuda di masa depan. “Untuk setiap £ 1 yang kita habiskan untuk karpet, apakah kita membelanjakan £ 1 untuk pengembangan atau pendampingan pemuda? Untuk setiap £ 1 pada perabotan baru, apakah kita menghabiskan £ 1 untuk melatih guru madrasah kita?,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi aboutislam, Selasa (09/10/2018).

Hassan Joudi, Wakil Sekretaris organisasi termuda yang ditunjuk saat ini, mengatakan bahwa keragaman di semua bidang merupakan elemen kunci untuk dipertimbangkan. “Pada semua acara, kami memastikan ada keragaman yang baik dalam jenis kelamin, latar belakang etnis, dan lokasi geografis karena kami memiliki afiliasi dari seluruh Inggris. Hari ini, kami memiliki pembicara dari komunitas Afrika, Asia Selatan, dan Arab,” katanya.

Hampir setengah dari peserta (46 persen) dalam laporan konsultasi publik 'Masjid Lebih Baik: Sebuah Konsultasi Masyarakat 2018 memberi peringkat “kurangnya fasilitas dan ruang bagi perempuan dan kaum muda” sebagai tantangan “sangat tinggi”. (njs/aboutislam)

 


Back to Top