Peneliti Universitas Melbourne: Islam Berkembang Pesat di Papua Nugini

gomuslim.co.id- Agama Islam kian mengalami perkembangan di Papua Nugini. Hal ini dikarenakan ada sejumlah faktor yang mendorong perkembangan tersebut.

Peneliti dari Melbourne University, Dr. Scott Flower seperti yang dilansir The Australian, Rabu, (10/10/2018) mengatakan transisi dari kehidupan tradisional ke modernitas memicu berbagai krisis sosial dan pribadi, sehingga merujuk orang untuk mencari agama baru. Diungkap Scott dalam makalahnya yang diterbitkan Nova Religio, Islam diterima masyarakat Papua Nugini karena memiliki kesamaan dengan adat istiadat.

"Faktor globalisasi, pendakwah, dan media turut berkontribusi," ujar peneliti yang telah mewawancarai 73 mualaf ini. 

Sementara, The Islamic Society of PNG, sebuah asosiasi Muslim pertama di Papua Nugini yang didirikan pada 1981 juga mencatat 4 warganya telah mengucapkan syahadat sebagai tanda bahwa mereka telah memeluk Islam pada 1986 lalu.

Pastor Katolik Franco Zocca, yang berbasis di pusat penelitian Melanesian Institute di Goroka, mengatakan bahwa para pemimpin Islam menjelaskan kepadanya kepercayaan dan praktik Islam lebih kompatibel daripada agama Kristen dengan nilai-nilai tradisional Melanesia, khususnya seperti yang dirasakan oleh beberapa orang Highlander.

"Mereka mengutip penerimaan Islam terhadap poligami, pemisahan laki-laki dan perempuan, menghindari perempuan yang sedang menstruasi, supremasi laki-laki, tidak berjalan di belakang wanita, dan pria mengenakan janggut dan kumis," paparnya.

Seperti yang dilansir dari publikasi Wikipedia, jumlah Muslim di Papua Nugini telah mencapai angka 5000 pemeluk. (nat/theaustralian/dbs/foto:insancendekia)

 

 


Back to Top