Kemenag Kembali Gelar Lomba Cerita Islami dan KIR PAI, Ini Syaratnya

gomuslim.co.id- Direktorat Pendidikan Agama Islam (Dir Pendis) Kementerian Agama kembali  menggelar Lomba Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) dan Karya Ilmiah Remaja (KIR) Pendidikan Agama Islam. Lomba Ceris dan KIR tahun 2018 mengambil tema “Merawat Keberagaman, Memantapkan Keberagamaan”.

Kasubbag. Publikasi dan Humas Ditjen Pendidikan Islam (Pendis) Muhtadin, mengatakan, total hadiah yang akan diperebutkan dalam perlombaan ini mencapai Rp150juta. "Lomba ini diharapkan dapat lebih  memantapkan kembali keberagamaan serta mewujudkan religius culture di sekolah-sekolah dan pada akhirnya dapat merawat keberagaman yang ada di Indonesia ini," ujarnya di Jakarta baru-baru ini.  

Muhtadin mengatakan, proses seleksi diadakan terbuka untuk para siswa SMA/SMK. Mereka diminta untuk mengirimkan naskah ke Direktorat Pendidikan Agama Islam Ditjen Pendidikan Islam Kemenag paling lambat 12 Nopember 2018. Naskah harus dikirim melalui surat elektronik kompetisipai@gmail.com.

"Cerita yang dikirimkan untuk mengikuti lomba harus memiliki latar belakang perkembangan Islam di Indonesia. Persyaratan lainnya, naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan,"  ujarnya.

Naskah Ceris  yang masuk, akan diseleksi dan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari tim peneliti Litbang Kemenag, serta pakar pendidikan dan praktisi. Dari naskah yang masuk akan dipilih enam finalis untuk masing-masing lomba.

“Setelah proses seleksi, selanjutnya mereka akan diundang untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri,” jelas Muhtadin.

Untuk informasi lengkapnya, dapat dilihat di laman pendis.kemenag.go.id. (njs/kemenag)


Back to Top