Mentan: Indonesia Dorong Standar Produk Halal di Kawasan ASEAN

gomuslim.co.id - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dalam pertemuan menteri bidang pertanian dan kehutanan ASEAN (AMAF) mengatakan agar pemerintah Indonesia membentuk standar halal di kawasan negara-negara Asia Tenggara.  
 
"Penting adanya pembentukan standar praktik Halal di ASEAN, dan dimasukannya ASEAN General guidelines for Certification of Halal Foods sebagai salah satu fokus kerjasama AMAF tahun 2019," tutur Mentan, Senin (15/10/2018).
 
Pihaknya menaruh perhatian khusus pada pengembangan pedesaan, pusat-pusat produksi, dan makanan halal. Pertemuan tahunan ini bertujuan untuk membahas sejumlah dokumen kerjasama yang telah direkomendasikan pada sektor pertanian, perikanan dan kehutanan.
 
Secara khusus, para Menteri menyetujui ASEAN Guidelines on Promoting Responsible Investment in Food, Agriculture and Forestry untuk mempromosikan investasi di bidang pertanian, perikanan, dan kehutanan di kawasan ASEAN yang berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi regional, keamanan pangan dan gizi, serta penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan.
 
Pada pertemuan ini, Indonesia menyatakan komitmennya untuk terus mendukung upaya peningkatan ketahanan dan keamanan pangan di kawasan ASEAN.
 
Karena itu, berbagai pihak seperti pemda, sekda, dan juga pemerintah provinsi di wilayah masing-masing juga harus ikut bertanggung jawab dalam menertibkan regulasi di daerahnya.
 
Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan keinginan tersebut seperti menghadirkan industri halal dengan produk-produk yang siap bersaing dengan produk pasar internasional. (nat/dbs/foto:halhalal)
 
 

Back to Top