Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas: Kemampuan Membaca Alquran Langkah Awal Pahami Islam

gomuslim.co.id – Kemampuan membaca Alquran dengan baik merupakan langkah awal yang perlu dilakukan dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Hal demikian disampaikan Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin dalam acara Forum Masjid-Musala BSD City dan Yayasan Mama Papa, Minggu (14/10/2018).

Salah satu rangkaian acaranya adalah lomba baca Alquran yang berlangsung di Sekolah Islam Cikal Harapan BSD City, Tangerang Selatan. Acara ini menjadi puncak acara dari program Berantas Buta Alquran (BBQ), yang berlangsung sejak bulan Mei 2018 lalu.

Saleh Husin yang juga merupakan Managing Director Sinar Mas ini menyebut pemaknaan nilai-nilai ajaran Islam yang tepat, moderat, toleran, juga demokratis hanya dapat diraih dengan terlebih dulu mampu membaca Alquran dengan baik. “Dengan memulainya lebih dini, harapannya anak-anak kita akan mampu mengamalkannya dalam keseharian mereka dengan tepat," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa pilar bisnis Sinar Mas sekian lama mencoba bergerak secara menyeluruh dengan tidak saja mengadakan rangkaian pelatihan serta perlombaan, tapi juga mewakafkan mushaf Alquran secara berkala.

Di lingkup Sinar Mas, ungkapnya, terdapat lebih dari 300 sarana peribadatan Islam seperti mesjid dan mushala. Menurutnya, sarana peribadatan ini adalah potensi yang sangat bernilai dalam penyebarluasan pendidikan nilai-nilai Islam yang damai, toleran dan demokratis.

"Pada akhirnya, ketersediaan mushaf yang memadai di masyarakat adalah dasar dari upaya pemahaman nilai ajaran Islam itu sendiri. Di sini, kami mendukung langkah pemerintah memperluas ketersediaan Alquran di masyarakat," sebut Saleh Husin.

Peserta lomba merupakan anak-anak yang telah dapat membaca Alquran dengan metode Mama Papa. Tidak kurang dari 330 peserta terdiri dari anak laki-laki dan perempuan berusia 4-12 tahun, yang terdaftar dalam program BBQ dari 50 masjid di sekitar BSD City tercatat turut berpartisipasi.

Mekanisme perlombaan dibagi ke dalam tiga kategori, terdiri dari kategori A untuk anak usia 4-7 tahun, kategori B untuk anak usia 8-10 tahun, dan kategori C untuk anak usia 11-12 tahun dengan total hadiah sebesar Rp 30 Juta. Sementara guru mengaji yang mendapatkan pelatihan jumlahnya mencapai 250 orang.

Program Berantas Buta Al-Quran (BBQ) di BSD City berlangsung sebagai buah kerjasama Sinar Mas Land, Forum Masjid Mushola BSD dan sekitarnya (FMMB) dan Yayasan Mama Papa. Program BBQ memberikan Training of Trainer (TOT) kepada lima ustad atau guru mengaji yang menjadi perwakilan masjid.

Setiap perwakilan masjid yang sudah mendapat training nantinya akan mengajarkan program BBQ kepada jamaah masjid-nya masing-masing. Metode yang digunakan dalam program BBQ ini adalah metode Mama Papa yang dikembangkan oleh Ustad H. Muhammad Taslim.

TOT program BBQ dilakukan dengan di beberapa masjid di sekitar BSD seperti 12 Mei 2018 di Masjid An-Nahl, 13 Mei 2018 di Masjid Al-Hakim, 18 Mei 2018 di Masjid Al-Madani, 19 Mei 2018 di masjid Al-Muhajirin, Masjid As-Syarif Al-Azhar, dan Masjid Baitussalam pada 22 Juli 2018 dan 5 Agustus 2018. (njs/rmol/rilis/foto:tribun)

 


Back to Top