Salsabil dan Rapai Uroh Meriahkan Panggung Lhokseumawe Traditional Culture Festival 2018

gomuslim.co.id - Malam Ketiga Lhokseumawe Traditional Culture Festival berlangsung pada Senin malam, (15/10/2018). Acara tersebut menampilkan Grup Music Salsabil sebelum acara Puncak yaitu Festival Rapai Uroh.

Grup musik Acapella jebolan Q Academy Indosiar ini mampu menghipnotis pengunjung, seakan tak ingin berakhir, Salsabil yang dijadwalkan cuma mengisi empat lagu harus menambah dua lagi lagi.

Pengunjung kemudian disuguhkan tarian adat yang ditampilkan oleh grup Komunitas Seni Aceh dan dilanjutkan alunan indah musik etnis Lhokseumawe, Rapa'i Uroh.

Pengujung sangat antusias dengan sajian demi sajian yang ditawarkan oleh acara ini. Para pengunjung yang membludak pun sangat tertip dan patuh pada peraturan.

 

Baca juga:

Usung Budaya Lokal, Lhokseumawe Traditional Culture Festival 2018 Siap Digelar 

 

Hal ini dikarenakan sebelum pertunjukan berlangsung, panitia mengumumkan bahwa perempuan dan pria yang mau menonton acara ini akan dipisahkan tempatnya. Sementara, bagi pengunjung yang membawa anggota keluarganya disediakan tempat khusus. Hal ini dilakukan terkait pelaksanaan Syariat Islam di Aceh. Para perempuan juga diwajibkan menutup auratnya dan tidak boleh memakai baju ketat.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Lhokseumawe, Zulkifli, S.Ag, M.Pd, membenarkan kalau malam ini pengujungnya lebih banyak dari malam sebelumnya.

"Kami selaku pihak panitia sangat mengapresiasi para pengunjung yang tertib dan menjaga sopan santun, sesuai Syariat Islam yang berlaku di Aceh" jelas Zulkifli.

Dia juga mengharapkan, malam penutupan juga akan dibanjiri olehe pengunjung, karena akan ada pertunjukan pertunjukan spektakuler yang akan ditampilkan.

Untuk diketahui, event Lhokseumawe Traditional Culture Festival adalah sebuah aksi nyata dari Pemerintah Kota Lhokseumawe dalam melestarikan budaya yang mulai dilupakan dan semakin tergeserkan oleh budaya luar dan dipastikan akan menjadi Acara Terbaik Kota Lhokseumawe tahun ini.

Acara yang bertema Revitalisasi Budaya Tradisional Kota Lhokseumawe Menuju Banda Silaturrahmi dan Berwawasan Global ini menampilkan 4 (empat) ragam kegiatan, yaitu: Festival Kuliner AcehFestival Boh Gaca (Kreasi inai Aceh), Festival Peuratep Aneuk (Alunan menidurkan anak) dan Festival Rapai (Gendang). (fau/disbudparaceh/dbs)

 

Baca juga:

Festival Perkusi Internasional Bernuansa Islami Akan Digelar di Lhokseumawe Aceh


Back to Top