Lembaga Islamic Relief Inggris Siap Gelar Pekan Amal Bulan Ini

gomuslim.co.id - Lembaga  amal komunitas Muslim Inggris, Islamic Relief mengumumkan akan menggelar Charity Week atau Pekan Amal tahunan pada 22-28 Oktober 2018 mendatang. Kali ini, kegiatan yang telah berlangsung sejak 15 tahun lalu ini mengangkat tema "Satu Minggu, Satu Sebab, Buat Perbedaan!"

“Selama dua tahun terakhir, Charity Week telah mengumpulkan lebih dari £ 1 juta (USD 1,3 juta) dalam satu minggu setiap tahun. Itu lebih dari £ 140.000 per hari, dan hampir £ 6.000 per jam,” kata Dr. Muhammad Wajid Akhter, pendiri proyek Charity Week for Orphans pada tahun 2003 seperti dilansir dari publikasi Ilmfeed, Rabu (17/08/2018). 

Charity Week diselenggarakan oleh Islamic Relief, organisasi kemanusiaan internasional yang memberikan bantuan, keamanan pangan, dan dukungan anak yatim bagi orang-orang setelah bencana alam. Akhter mengatakan bahwa beberapa organisasi telah mengumumkan untuk ikut berpartisipasi dalam acara-acara selama seminggu. Ia berharap ribuan sukarelawan terlibat dalam kegiatan amal ini.

 

Baca juga:

Islamic Relief Inggris Rilis Iklan Lucu untuk Sambut Ramadhan


"Selama Charity Week, masyarakat Islam, asosiasi mahasiswa Muslim, kelompok masyarakat, bisnis lokal, dan masjid turut serta dalam acara yang menyenangkan, menarik dan membangkitkan semangat di kota-kota dan kota-kota mereka," tambahnya.

Selama 15 tahun ini, ribuan Muslim berkumpul untuk mengumpulkan dana bagi yang membutuhkan. Bahkan pengumpulan dana ini sampai ke Cape Town dan California.

“Sejak 2003, uang yang dikumpulkan oleh Charity Week telah memungkinkan respons kemanusiaan terhadap berbagai krisis di Gaza, Suriah, Myanmar, Yaman, Tsunami 2004, Republik Afrika Tengah, Afghanistan, Pakistan, dan Irak,” tulis Akhter.

Selain itu, donasi ini juga mendanai proyek pembangunan berkelanjutan di Chad, Niger, dan Mali, sponsor anak yatim di Bangladesh, membangun kembali sekolah-sekolah di Pakistan, Gaza, Malawi, Kenya dan Mali. “Dan daftarnya terus berlanjut," kata dia.

Amal atau zakat dalam syariat Islam adalah bentuk sedekah utama sebagaimana tertulis dalam Alquran. Sebagai salah satu dari Rukun Islam, zakat adalah kewajiban agama bagi semua Muslim untuk menyisihkan sebagian dari hartanya. (njs/ilmfeed/aboutislam)

 

Baca juga:

Organisasi Muslim Amerika Utara Siap Bantu Korban Badai di Florida


Back to Top