Generasi Pesona Indonesia Sawahlunto Luncurkan Destinasi Digital Pasar Silo

gomuslim.co.id - Dalam momen penutupan Sawahlunto International Music Festival (SIMFest) 2018, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Sawahlunto, Sumatera Barat meluncurkan destinasi digital bernama Pasar Silo pada Minggu (21/10/2018). 

Koordinator GenPI Sawahlunto Muhammad Yudha Pradhana mengatakan pihaknya akan memanfaatkan momentum ramainya SIMFest 2018.

“Karena banyak wisatawan yang hadir diperhelatan tersebut. Ini akan semakin mengangkat gaung Pasar Silo itu sendiri,” ujar Yudha, Senin (22/10/2018).

Adapun atraksi yang ditampilkan saat peluncuran pasar itu di antaranya; Tari Galombang, Perkusi Sanggar Canang Badantiang, hingga festival jajanan minang. 

Yudha menjelaskan Pasa Silo pada dasarnya sama dengan destinasi digital lainnya yaitu menciptakan tempat atraksi baru. 

"Kami ingin menghidupkan pariwisata Sumatera Barat khususnya Sawahlunto. Sekaligus wadah bagi masyarakat. Sehingga masyarakat dapat terlibat dengan kegiatan pariwisata yang dapat membantu perekonomian masyarakat," ujarnya.

Sesuai namanya pasar ini berlokasi di Silo, bentuknya adalah bangunan warisan berupa tiga menara. Tercatat 15 lapak kuliner serta pernak-pernik siap meramaikan Pasar Silo. Berbagai kuliner lezat siap dihadirkan para penjual dan bukan sekedar kuliner Minang namun juga kuliner khas Jawa, Sunda, serta lainnya.

"Inilah Sawahlunto, kota multi etnis yang hidup rukun berdampingan. Tidak ada pendatang dan suku asli di sini. Semua sama," ujarnya.

Di pihak lain, Koordinator GenPI Nasional Mansyur Ebo menambahkan ada banyak kreasi pasar yang berbasis pada atraksi pariwisata, untuk memperkuat daya tarik dan daya saing destinasi di setiap daerah. 

"Kami selalu menggabungkan alam, budaya, dan dikombinasi dengan man made. Pasar Silo menggabungkan semuanya. Ada sentuhan man made dengan bangunan-bangunan sejarahnya, ada budayanya dan juga alamnya," katanya.

Merespon semangat GenPI, Menteri Pariwisata Arief Yahya turut mengapresiasi dalam berkreasi dan menciptakan pasar-pasar dengan berbagai karakter, sesuai daerahnya.

Sebagai serdadu digital, langkah GenPI dinilai Arief banyak mengangkat pariwisata Indonesia karena destinasi digital memberikan warna baru.

"Kita mesti bangga kita menjadi negara pertama di dunia yang memiliki destinasi digital. Apalagi ini adalah kreasinya anak-anak muda yang peduli dengan pariwisata, yaitu GenPI," pungkasnya. (nat/cnn/dbs/foto:youtube)


Back to Top