Resmi Jadi Mualaf, Penyanyi Terkenal Asal Irlandia Ceritakan Kisahnya Masuk Islam

gomuslim.co.id - Penyanyi sekaligus penulis lagu terkenal asal Irlandia Sinead O'Connor menyatakan sudah memeluk Islam. Penyanyi yang juga dikenal sebagai Magda Davitt mengumumkan keislamannya lewat akun media sosial Twitternya.

Pelantun Nothing Compares 2 U milik Prince itu pun sudah mengganti namanya menjadi Shuhada Davitt. Penyanyi 51 tahun itu juga mengubah nama di Twitternya menjadi Shuhada' Davitt dengan foto profil bertuliskan, "Wear a hijab just do it".

"Aku mengumumkan bahwa aku bangga menjadi seorang Muslim. Ini adalah keputusan alami dari perjalanan seorang teolog yang cerdas. Semua telaah kitab suci mengarah pada Islam. Yang membuat semua tulisan suci lainnya menjadi berlebihan. Aku akan diberi nama baru (yang lain). Itu akan menjadi ‘Shuhada’," tulis Sinead di akun Twitternya, 19 Oktober 2018 seperti dilansir dari publikasi Irish Central.

Sehari setelahnya, Davitt pun sudah mengenakan hijab pertamanya. Dia berbagi pengalaman perdananya dan mengatakan sangat senang bisa memakai penutup kepala tersebut.

Hijab pertamanya diberikan oleh seorang sahabat bernama Elaine. Dia menyebut, Elaine begitu terkejut ketika pertama kali melihat Davitt berhijab.

"Aku tak akan mengunggah foto pertama itu, karena sangat personal. Aku seperti penyihir jelek, tapi aku adalah penyihir tua yang sangat sangat-sangat senang," katanya.

Sejak saat itu, penyanyi yang terkenal di era 1980-an itu kerap mengunggah pengalamannya mempelajari Islam, seperti belajar azan dan sebagainya. Dia juga mengucapkan terima kasih pada Muslim sedunia yang menyambut hijrahnya tersebut.

 

Baca juga:

Tersentuh Sikap Toleran Polisi Abu Dhabi, Wisatawan Belanda Ini Putuskan Jadi Mualaf

 

Tahun lalu, O'Connor mengubah nama resminya menjadi Magda Davitt. Di Twitter, salah satu penyanyi legendaris ini mengaku telah tidak lagi bersama Gereja Katolik, dimana sebelumnya dia ditahbiskan menjadi seorang imam oleh sekte Katolik yang memisahkan diri oleh Gereja Ortodoks Katolik dan Apostolik Irlandia pada akhir 1990-an.

Musisi yang menjalani perawatan kesehatan mental intensif di Amerika Serikat pada tahun lalu dengan bantuan Dr Phil ini kemudian memposting video dirinya melantunkan Adzan, panggilan umat Islami untuk salat.

“Maafkan semua kesalahan dalam Azan saya .... Upaya pertama. Ketika saya melatihnya 30 kali saya akan membuat dunia berhenti berputar," tulisnya.

Saat ini, O'Connor sedang menyiapkan mini album yang penjualannya didonasikan untuk pasien kanker. Dalam penggarapan album, dia berkolaborasi dengan Ronnie Wood "Rolling Stones", aktor Irlandia Cillian Murphy, Nick Mason "Pink Floyd", dan penyanyi Imelda May. (njs/irishcentral/viva)

 

Baca juga:

Begini Kisah Pemuda Perancis yang Mengenal Islam Setelah Bermain Sepak Bola


Back to Top