BI Balikpapan Siap Gelar Festival Ekonomi Syariah Pekan Ini

gomuslim.co.id- Festival Ekonomi Syariah (FESyar) kembali digelar di kawasan timur Indonesia. Kali ini, perhelatan yang digagas Bank Indonesia Kawasan Timur Indonesia akan berlangsung di area Pentacity Balikpapan pada Jumat-Minggu (2-4/11/2018).

Menurut Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan, Suharman Tabrani, FESyar kali ini merupakan yang ketiga kalinya dilangsungkan di area timur. Ia menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan ekonomi keuangan syariah di dunia usaha.

“FESyar ini sekaligus untuk mengenalkan konsep ekonomi syariah kepada masyarakat di kota Balikpapan dan sekitarnya. Berdasarkan pengalaman krisis beberapa kali ekonomi syariah tahan banting dan tidak terpengaruh dengan gejolak ekonomi dunia," ujarnya, Senin (29/10/2018).

Ada dua bagian acara dari FESyar ini yaitu Sharia Economic Forum yang dimeriahkan dengan seminar seputar ekonomi syariah. Sementara bagian kedua yaitu Sharia Economic Fair yang menghadirkan aneka macam bazar kuliner dan oleh-oleh untuk para pengunjung.

Dari 19 kantor perwakilan timur Bank Indonesia akan datang ke kota Balikpapan. Mereka membawa produk kuliner dan oleh-oleh dari para pelaku usaha syariah dan pesantren.

 

Baca juga:

Kota Semarang Jadi Tuan Rumah Festival Ekonomi Syariah 2018

 

Suherman menjelaskan, terpilihnya kota Balikpapan sebagai tuan rumah penyelenggaraan FESyar karena letak posisi kota yang berada di tengah-tengah ketimbang daerah kantor timur lainnya. Sehingga dapat membantu dari segi transportasi daerah timur seperti Papua agar bisa tiba di Balikpapan tepat waktu.

BI sendiri menyediakan kartu EDC untuk para pengunjung yang akan membeli produk UMKM. Hal demikian karena pembayaran menggunakan sistem pembayaran nontunai.  "Tempat terbatas jadi prinsipnya gini kalau bawa produk banyak bisa nitip ke UMKM yang ikut dari perwakilan daerahnya," kata Suherman.

Adapun pembukaan FESyar ini nantinya akan dimulai dengan Tabligh Akbar di Islamic Center Jumat malam. Ustad Wijayanto yang akan memberikan tausiyah kepada masyarakat Balikpapan.

Keesokan harinya Fashion Desainer muslimah Jenahara akan memberikan talk show kepada pengunjung di atrium mal Pentacity. Di hari terakhir pada Minggu malamnya, para pengunjung akan dihibur dengan band Wali Minggu. (njs/tribunkaltim/foto:bisnis)

 

Baca juga:

Ini Tiga Pesantren yang Wakili Regional Jawa pada Festival Ekonomi Syariah 2018


Back to Top