Indonesia Halal Expo 2018 Resmi Dibuka 

gomuslim.co.id- Penyelenggaraan Indonesia Halal Expo (Indhex) 2018 di Jakarta resmi dibuka, Kamis (01/11/2018). Pameran tahunan yang digagas Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) ini langsung diserbu ratusan pengunjung.

Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim mengatakan, pihaknya mengusung tema peningkatan daya saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui sertifikasi halal. LPPOM  berkomitmen mendorong UMKM agar berdaya saing dalam perdagangan halal global.

Ia menambahkan tahun ini LPPOM MUI telah memberikan sertifikasi halal kepada 12.732 UMKM yang ada di Indonesia. Adapun produk lokal yang telah tersertifikasi halal sebanyak 140.264. Sementara, jumlah UMKM hingga saat ini sudah mencapai 40.256 dari 4 juta UMKM yang ada di Tanah Air.  

“Angka tersebut masih sangat kecil. Baru 10 persen. Ini tentu menjadi perhatian bagi kita semua. LPPOM terus bekerjasama dengan sejumlah pihak, termasuk Kemenkop untuk memberikan sertifikat halal kepada UMKM sampai ke daerah,” ujarnya.

Menurutnya, dalam perjalanan melakukan sertifikasi UMKM ini, animo masyarakat dalam mengonsumsi produk halal terus meningkat. “Konsumen satisfaction muncul karena proses sertifikasi halal. Hal ini beriringan dengan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap produk halal,” katanya.  

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum MUI, KH Maruf Amin mengatakan UMKM bisa menjadi arus baru bagi perekonomian nasional ditengah ketidakpastian ekonomi global. Ia menyebut kontribusi UMKM bagi Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 60,34 persen.

“Daya serap tenaga kerja di sektor ini juga sangat besar. Kita tentu berharap, kontribusi UMKM tersebut semakin besar di tahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

 

Baca juga:

Rangkul UMKM, LPPOM MUI Siap Gelar Pameran Halal INDHEX SMESCO 2018

 

 

Dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya telah merumuskan dan mengimplementasikan konsep yang mengedepankan sistem perekonomian yang adil, merata, dan mandiri berbasis pada koperasi dan UMKM. Konsep ini dimaksudkan untuk mempercepat redistribusi dan optimalisasi SDA secara arif serta berkelanjutan sekaligus memperkuat SDM yang kompeten dan berdaya saing tinggi berbasis keunggulan teknologi, inovasi, dan kewirausahaan.

“Sertifikasi halal UMKM untuk pemberdayaan ekonomi umat. Menguatkan ekonomi lemah bukan untuk membenturkan dengan yang kuat, tapi untuk berkolaborasi dan bermitra. Kita dorong semangat berkompetisi di kalangan masyarakat agar dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat produk halal dunia,” tegasnya.

Dalam acara Indhex ini, LPPOM MUI juga melakukan seleksi Halal Award terhadap produk halal yang paling diminati. Penghargaan ini meliputi empat kategori utama yaitu Halal Top Brand, iklan halal terbaik, produk halal baru terbaik, dan produk UMKM halal terbaik.

Sekadar tambahan, acara Indhex 2018 ini berlangsung di Gedung Smesco, Jakarta mulai tanggal 01 sampai 03 November 2018. Pameran tahunan yang kedelapan kalinya ini dimeriahkan dengan beragam acara seperti pameran produk-produk halal, seminar, talkshow dan olimpiade halal. (njs)

 

Baca juga:

Rangkul UMKM, LPPOM MUI Siap Gelar Pameran Halal INDHEX SMESCO 2018


Back to Top