Ini Daftar Penerima Halal Award 2018 LPPOM MUI

gomuslim.co.id- Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) kembali memberikan penghargaan Halal Award kepada 31 produk dan UKM. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara Indonesia Halal Expo di SMESCO Hall, Jakarta beberapa waktu lalu.  

Kepala LPPOM MUI, Lukmanul Hakim mengatakan pihaknya melakukan seleksi Award terhadap produk halal yang paling diminati di masyarakat. Tahun ini, Dewan Juri Halal Award melakukan penilaian terhadap empat kategori, yaitu Halal Top Brand, Iklan Halal Terbaik, Produk Halal Pendatang Baru Terbaik dan Produk UKM Halal Terbaik.

“Penghargaan ini diberikan kepada para pemangku kepentingan di bidang halal yang berjasa dalam edukasi, informasi, advokasi dan fasilitasi sertifikasi halal di Indonesia. Halal Award 2018 merupakan ajang penghargaan yang ke-7, dimulai sejak 2012,” ujarnya.

Dewan Juri Halal Award 2018 terdiri dari Prof. Direktur Pengelola IPB Halal Science Center Dr. Ir. Khazwar Syamsu, M.Sc, Farid Mahmud, SH (Kepala Bidang Informasi), Dr. Ir. Aji Jumiono, M.Si (Dosen Universitas Djuanda Bogor), Eko Octavianto (Praktisi Pemasaran), Shodiq Ramadhan (Praktisi Media).

Untuk kategori Halal Top Brand, kriteria yang digunakan adalah: Survei dan Polling (score: 30-100) yang diselenggarakan pada rentang waktu 20 Juli hingga 19 September 2018 terhadap 4.221 responden di seluruh Indonesia. Tim survey juga melakukan wawancara langsung melalui questioner kepada 850 orang di sekitar Jabodetabek.

Kemudian, pencantuman Logo Halal pada Kemasan atau Produk (score 20-100); Intensitas Promosi dan Edukasi Halal bersama LPPOM MUI (score 30-100); Intensitas Iklan dan Promosi Halal di luar LPPOM MUI (score 20-100).

Sedangkan kategori Iklan Halal Terbaik, penilaian dilakukan oleh Dewan Juri dengan mencermati sebanyak 10 iklan produk halal yang ditayangkan di televisi selama 20 Juli hingga 19 September 2018. Dari sebanyak 10 iklan produk halal, Dewan Juri menilai dari sisi estetika iklan, ketegasan dalam mengusung muatan halal, serta intensitas penayangannya di televisi maupun media cetak.

Adapun kategori Produk Halal Pendatang Baru Terbaik, penilaian dilakukan oleh Dewan Juri terhadap beberapa merek produk pendatang baru, yang dalam jangka waktu kurang dari dua tahun, (pertama kali mengajukan sertifkasi halal) produknya telah cukup dikenal di masyaakat sebagai produk yang sudah bersertifikat halal.

Kategori Produk UKM Halal Terbaik, penilaian dilakukan oleh Dewan Juri berdasarkan masukan dan usulan dari LPPOM MUI Provinsi di seluruh Indonesia. Kriterianya, antara lain kelengkapan sertifikasi halal, popularitas produk di masing-masing daerah, serta daya serap UMKM yang bersangkutan terhadap angkatan kerja di daerahnya. Jika produknya sudah diekspor, menjadi salah satu keunggulan.

 

Baca juga:

Indonesia Halal Expo 2018 Resmi Dibuka 

 

Untuk kategori Kosmetika diraih oleh Wardah, kategori Restoran (KFC), kategori Mie Instan (INDOMIE), kategori Biskuit (HATARI), kategori Makanan Ringan (CHITATO), kategori Minuman Ringan (COCA COLA), Kategori AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) diraih oleh AQUA. kategori Kopi (KAPAL API), kategori Kertas dan Bahan Kertas (SINAR DUNIA), kategori Plastik Kemasan (SINAR JOYOBOYO), kategori Permen (MENTOS), kategori Es Krim (WALLS).

Selanjutnya, untuk kategori Kecap (diraih BANGO), kategori Minuman Serbuk (NUTRISARI), kategori Minyak Goreng (BIMOLI), kategori Sosis (FIESTA), kategori Sarden (ABC), kategori Susu (FRISIAN FLAG), kategori Makanan Bayi (MILNA), kategori Terigu (SEGITIGA BIRU), kategori Bakery (SARI ROTI), kategori Coklat (SILVER QUEEN), kategori Selai dan Jelly (NUTELLA), kategori Penyedap Rasa (ROYCO), kategori Gula (GULAKU), kategori Jamu (ANTANGIN), kategori Obat dan Suplemen (NATUR E), kategori Pasta Gigi (PEPSODENT), kategori Shampo dan Perawatan Rambut (WARDAH), kategori Barang Gunaan (MAXIM), dan kategori Deterjen (TOTAL).

Iklan Halal Terbaik diraih oleh Kosmetika Wardah (PT. Paragon Technology & Innovation), Fashion Care Detergen Almeera Total (PT. Total Chemindo Loka), Produk Kesehatan: Wellmove (PT Ultra Sakti). Produk Halal Pendatang Baru Terbaik, diraih oleh Restoran Shabu Hachi. Sedangkan kategori Produk UKM Halal Terbaik diraih oleh CV. Mubarokfood Cipta Delicia, Jawa Tengah, PT Chocolicious Indonesia, Sulawesi Selatan dan PT. Lampung Sukses Bersama, Lampung. (njs/panjimas)

 

Baca juga:

Dewi Sandra: Mulailah Hijrah dengan Gaya Hidup Halal

 


Back to Top