Pemprov Banten Anggarkan Rp 22 Milyar untuk Revitalisasi Wisata Sejarah Banten Lama

gomuslim.co.id - Proyek revitalisasi kawasan wisata bersejarah Banten Lama di Kecamatan Kasemen, Kota Serang dianggarkan Pemerintah Provinsi Banten sebesar Rp 220 milyar.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan alokasi anggaran Rp 220 miliar dilakukan secara bertahap selama tiga tahun anggaran yang dimulai dari ABBD 2018 ini.

“Anggaran tersebut untuk menata Kawasan Wisata Ziarah Mesjid Agung Banten Lama di Desa Banten, perbaikan jalan utama dari pusat kota ke Banten Lama, hingga jalan-jalan kecil di sekitar kawasan cagar budaya itu,” tutur Wahidin, Rabu (07/11/2018).

Kemudian, penganggaran akan dilakukan mulai pada APBD Banten 2018 sebanyak Rp 100 miliar. Menurut Wahidin, pembangunan jalan dilakukan secara bersama antara Pemerintah Kabupaten/Kota Serang dan Pemerintah Provinsi Banten, sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

"Pemprov Banten siap memberikan bantuan untuk membangun jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten/Kota Serang, apabila diperlukan," tambah dia.

Karena itu, diharapkan pembangunan bisa fokus dan selesai sesuai target yang direncanakan dan tidak lagi saling melemparkan tanggung jawab.

"Semua di bawah koordinasi Gubernur bahwa kita bersama membiayai, termasuk jalan-jalan kecil. Jika perlu kalau memang ABPD di Kota Serang terbatas untuk membangun jalan di kewenangan kota, kita akan intervensi," tambah Wahidin.

Di pihak lain, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah mengatakan selama ini DPRD Provinsi Banten mendukung penuh program Gubernur Banten dalam merevitalisasi Banten Lama.

“Setelah 17 tahun Provinsi Banten berdiri baru kali ini Gubernur Banten menata kawasan Banten Lama,” ujar Asep. (nat/tempo/dbs/foto:kemenag)


Back to Top