Empat Bank BPD se-Kalimantan Ini Akan Bentuk Bank Syariah

gomuslim.co.id - Perbankan Syariah kian diminati daerah-daerah di Indonesia, salah satu  bank daerah se-Kalimantan yang berencana membentuk bank syariah. Langkah ini dilakukan dengan menggabungkan Unit Usaha Syariah (UUS) dari masing-masing BPD.

Direktur Umum dan Keuangan Bank Kalteng Ahmad Selanorwanda, menyebut empat bank BPD se-Kalimantan di antaranya; Bank Kalteng, Bank Kalsel, Bank Kalbar dan Bank Kaltimtara.

“Mereka akan menyetor modal untuk pembentukan bank syariah ini. Pembentukan bank syariah dari BPD se-Kalimantan ini minimal membutuhkan modal Rp 1 triliun harapannya masing-masing bank BPD di Kalimantan bisa setor modal total Rp 2 triliun,” ujar Ahmad, Selasa (06/11/2018).

 

Baca juga:

BI Kalsel Dukung Ekonomi Syariah

 

Terkait rencana pembentukan bank syariah ini, perwakilan BPD di Kalimantan sudah melakukan diskusi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain meminta restu OJK, BPD se-Kalimantan juga harus melakukan diskusi dengan pemegang saham yaitu pemerintah daerah.

Dari diskusi dengan regulator, OJK ingin agar sebenarnya bank BPD di Kalimantan membentuk Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah. Hal ini karena BPR Syariah hanya membutuhan modal Rp 100 miliar.

Ahmad mengaku, terkait pembentukan bank syariah dari BPD sebenarnya masih ada tantangan di kinerja secara industri syairah yang belum terlalu bagus.

Sebelumnya, pada 28 November lalu, Ketua Asbanda Kresno Sediarsi, pernah mengatakan bahwa terkait pembentukan bank syariah daerah sudah melakukan studi.

“Ada 13 bank daerah yang siap membentuk bank syariah,” tukas Ahmad. (nat/kontan/dbs/foto:istimewa)

 

Baca juga:

Kembangkan Ekonomi dan Keuangan Syariah, BI Kalsel Gandeng Perguruan Tinggi

 


Back to Top