52 Peserta Perwakilan Perguruan Tinggi Ikut Diklat Auditor Halal BPJPH

gomuslim.co.id- Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) kembali menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) calon auditor halal. Pelaksanaan Diklat berlangsung mulai tanggal 6 sampai dengan 12 November 2018 di Jakarta.

Kepala BPJPH Sukoso menyebut kegiatan ini merupakan Diklat Substansif Calon Auditor Halal angkatan III dan IV. “Diklat ini diselenggarakan dalam ragka memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap auditor halal," ujarnya saat memberikan sambutan pada pembukaan diklat di Jakarta, Selasa (06/11/2018).

Adapun peserta yang mengikuti Diklat kali ini sebanyak 52 peserta. Mereka merupakan utusan dari 15 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dari seluruh Indonesia. Narasumber yang dihadirkan berasal dari MUI, Pejabat Struktural Kementerian Agama, Widyaiswara Pusdiklat Tenaga Teknis, serta Praktisi Perguruan Tinggi dan Tenaga Profesional.

Menurut Sukoso, Indonesia membutuhkan 30.000 auditor halal. Kegiatan ini sebagai upaya BPJPH Kemenag dalam meningkatkan jumlah auditor halal. "Auditor halal adalah salah satu ujung tombak pelaksanaan misi pertama Kementerian Agama, yaitu meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama," tuturnya.

 

Baca juga:

Indonesia Masih Minim Auditor Produk Halal

 

Kepada calon auditor halal, Sukoso berpesan agar dapat melaksanakan tugasnya sebagai audit dengan penuh integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan sesuai dengan  5 nilai budaya kerja Kementerian Agama.

Sebelumnya, Sukoso menuturkan pembentukan BPJPH merupakan suatu bentuk keseriusan pemerintah untuk menjadikan sertifikasi produk halal sebagai sebuah mandatori yang jelas dan tertera dalam undang-undang.

“BPJPH bertugas membentuk LPH yang nantinya akan menaungi para auditor halal. Pembentukan LPH juga melalui proses kerjasama BPJPH dengan universitas yang terjamin kredibilitasnya,” katanya.  (njs/kemenag)

 

Baca juga:

BPJPH Susun Tata Cara Permohonan dan Pembaruan Sertifikat Halal


Back to Top