Ini Pelatih Muslim Pertama di Klub Sepakbola Inggris

gomuslim.co.id- Noureddine 'Dino' Maamria menjadi pelatih muslim pertama di klub sepak bola Inggris. Pelatih Stevenage FC, klub kontestan kompetisi level keempat di Inggris ini berasal dari Tunisia, Afrika.

Dino Maamria sendiri ditunjuk sebagai pelatih Stevenage FC Maret lalu. Sebelumnya dia merangkap jabatan sebagai pemain dan asisten pelatih di klub peserta League Two tersebut.

"Saya berharap bisa menjadi inspirasi, itu yang saya inginkan. Ini adalah sebuah perjalanan berat untuk seseorang yang memiliki latar belakang seperti saya dan semoga saya bisa menginspirasi orang untuk mengikuti," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Arab News, Senin (12/11/2018).

Dino Maamria mengawali kariernya sebagai pesepakbola di Inggris bersama Burnley pada 1996. Sebelumnya Maamria bermain untuk AS Marsa, klub Tunisia.

Dalam sebuah pertandingan tandang melawan Etoile Sportive du Sahel, sebuah resor wisata di utara Tunisia, Maamria ditonton oleh Brian Miller, yang waktu itu menjadi kepala pemandu bakat Burnley. Saat itu Miller sedang berlibur di Tunisia.

Brian Miller menawarkan Maamria kesempatan beruji coba di Burnley selama dua pekan. Setelah mencetak gol ke gawang Bradford City dalam sebuah pertandingan tim cadangan, Maamria mendapatkan kontrak berjangka pendek dari Burnley.

Maamria gagal mendapatkan kesempatan bermain untuk tim utama Burnley karena mengalami cedera panjang. Burnley kemudian melepas Maamria, yang segera bergabung dengan Glentoran untuk bermain di kompetisi IFA Premiership.

 

Baca juga:

Inilah Pria di Balik Liga Premier Inggris yang Ramah Muslim

 

Setelah itu, Dino Maamria sempat bermain untuk beberapa klub di Inggris, termasuk Stevenage. "Jangan pernah membatasi ambisimu. Saya di sini karena kerja keras dan dedikasi. Tidak ada zona nyaman pada saya. Jika Anda mengejar mimpi-mimpi Anda, Anda bisa meraihnya," kata pria 46 tahun itu.

Dino Maamria telah melatih empat klub. Semuanya adalah klub Inggris. Dia mengawali kariernya sebagai pelatih di Nortwich Victoria pada rentang 2007 sampai 2008.

Kemudian, dia melatih Southport pada 2015 sampai 2016, dilanjutkan bersama Nuneaton Town pada 2017 sampai 2018. Sekarang dia melawan Stevenage. Kini Dino Maamria punya mimpi lain. Dia ingin menjadi seorang pelatih hebat. Ukuran pelatih hebat adalah memimpin sebuah klub di Premier League.

"Anda harus punya ambisi. Saya selalu ingin menjadi seorang pelatih. Sekarang saya ingin menjadi pelatih terbaik sebaik mungkin, dan itu berarti bekerja di Premier League," ujar pengagum Pep Guardiola, pelatih Manchester City.

Maamria optimis bisa meraih mimpi itu. Dia telah mendapatkan Lisensi Pro dari UEFA. UEFA Pro-License adalah lisensi pelatih tertinggi yang dikeluarkan oleh induk sepak bola Eropa tersebut.

Pelatih-pelatih di Premier League seperti José Mourinho, Rafael Benítez, dan Arsène Wenger juga memiliki lisensi ini. "Saya memiliki Lisensi Pro UEFA dan mungkin saya termasuk pelatih paling berkualifikasi di luar Premier League. Saya belum pernah bermain di level atas, jadi saya tidak memiliki koneksi yang sama atau nama tenar, tapi pendidikan pelatih saya menarik perhatian," ungkapnya. (njs/arabnews/tribun/foto:guardian)

 

Baca juga:

Lakukan Aksi Terpuji, Pesepak Bola Muslim Ini Tertangkap Kamera Bersihkan Toilet dan Tempat Wudhu Masjid


Back to Top