IERA Saksikan Ratusan Penduduk Desa di Filipina Bersyahadat

gomuslim.co.id- Sekelompok Muslim bekerja sama dengan Islamic Education & Research Academy (IERA) atau Akademi Pendidikan & Penelitian Islam menyaksikan kejadian luar biasa pada Minggu (11/11/2018). Mereka menjadi saksi ketika hampir seluruh penduduk desa di Filipina memeluk Islam.  

IERA yang berbasis di Inggris ini mendapat undangan dari seorang mualaf bernama Abu Bakr untuk datang ke masjid setempat di Pulau Bantayan, Filipina tengah. “Dengan bantuan Abu Bakar, tim IERA menyiapkan paket makanan kering di Masjid untuk kemudian didistribusikan kepada orang miskin hari itu juga,” tulis Prophetic Mission di Facebook seperti dilansir dari publikasi Aboutislam, Selasa (13/11/2018).

Sesampainya di desa, tim menggelar simposium untuk menyampaikan pesan Islam kepada penduduk setempat. "Penduduk yang hadir sekitar 250 orang. Mereka tampak terpesona dengan pembicaraan yang penuh semangat oleh Abu Bakr dan Esa Khan," tambah laman itu.

Pada kesempatan tersebut, para pembicara menyampaikan tentang kesamaan antara Islam dan Kristen dan pesan sejati Nabi Isa AS yang menyembah Tuhan Yang Maha Esa.  Hal mengejutkan tim iERA, seluruh desa menerima Islam, dengan 215 orang menyatakan syahadat.

 

Baca juga:

Begini Perjuangan Dakwah Islam di Filipina

 

"Itu adalah momen bermuatan emosional karena seluruh desa menerima Islam bersama sebagai satu komunitas yang bersatu," tulis laman tersebut.

Untuk diketahui, jumlah Muslim di Filipina sendiri hanya sekitar 8 persen dari total populasi yang ada. Sebagian besar masyarakat Filipina beragama Katolik. Sementara di wilayah selatan Mindanao yang kaya mineral, populasi muslim mencapai 5 juta orang. Islam masuk ke Filipina pada abad ke-13, sekitar 200 tahun sebelum agama Kristen.

Sementara itu, IERA adalah amal terdaftar yang berbasis di Inggris, yang tujuan utamanya adalah kemajuan iman Islam. IERA didirikan untuk memberikan dukungan bagi Muslim baru dalam beberapa tahun pertama perjalanan mereka. (njs/aboutislam/foto:ilustrasi muslimah Filipina)

 

Baca juga:

Jalin Kerjasama Internasional, Filipina Gelar Philippines Halal Summit II


Back to Top